Sukses

Kisah Kampung Tua yang Sekarat di Kawasan Terluar Indonesia

Padahal, kampung tua ini disebut-sebut sebagai asal-mula manusia bermukim di Kabupaten Natuna.

Liputan6.com, Natuna - "Ibarat seperti anak tiri. Kalau ada nasi basi, baru kami dikasih, malah kadang tidak sama sekali," kata Syahrul Nizam, salah seorang warga Kampung Tua Segeram, Kabupaten Natuna, Senin, 23 September 2019.

Kampung yang masih ada di induk pulau Kabupaten Natuna ini makin sepi. RW setempat, Faisal, menuturkan, sekarang tercatat hanya ada sekitar 100 jiwa dalam 30 KK di Kampung Segeram.

Perubahan jumlah penduduk ini disaksikan seorang warga paling tua di Segeram, Syamsudin. "Dulu rumahnya banyak, sekarang Segeram, setelah saya kembali sekolah dari Kelarik, sepi," ucap kakek 73 tahun tersebut saat ditemui di kediamannya di Kampung Segeram, Kabupaten Natuna, Selasa, 24 September 2019.

Padahal, Wakil Bupati Kabupaten Natuna Ngesti Yuni Suprapti bercerita, Segeram dipercaya sebagai asal-mula manusia menempati Kabupaten Natuna. "Berdasarkan literasi, pusat pemerintahan pertama (Natuna) di sini," katanya saat menyambangi Kampung Segeram, Rabu, 25 September 2019.

Persebaran penduduk yang terjadi dari masa ke masa membuat Segeram perlahan, namun pasti, tertinggal dari wilayah lain. Yang dalam sekian tahun ke belakang mengancam keberadaan Segeram adalah tidak adanya Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kampung tersebut.

"Setelah anak tamat SD, mereka biasanya terusin sekolah ke Sedanau, Kelarik, atau Ranai. Kadang dititip kalau punya saudara di sana, tapi banyaknya ikut pindah karena anak masih terlalu kecil buat hidup sendiri," cerita Faisal di musalah tua Kampung Segeram, Rabu, 25 September 2019.

Karenanya, dari tahun ke tahun, sekurang-kurangnya bakal ada dua KK yang meninggalkan kampung tua di salah satu kawasan terluar Indonesia ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mempertahankan Manusia di Segeram

Demi menyelamatkan kampung tua yang nasibnya tengah di ujung tanduk, salah seorang warga Segeram, Heru Diwan Arpas, merangkum setidaknya ada tiga kebutuhan mendesak, yakni pengadaan akses jalan, listrik, dan akses jaringan.

Soal keberadaan SMP, masalah ini sudah teratasi lewat program Bangun Nusantara dari Bakti Nusantara 2019 yang telah rampung pada akhir tahun lalu. "Karenanya (ada SMP), lima KK berhasil dipertahankan di Segeram tahun lalu," kata Heru.

Jalan bisa muat satu mobil, sambung Heru, baru dibuka pada 2017. "Itu pun karena mau dibangun gedung SMP. Angkat logistik segala macam butuh akses," terang lelaki yang baru kembali ke Segeram sekitar 1,5 tahun lalu tersebut.

Sebelumnya, bila ingin keluar kampung dengan menempuh jalur darat, mereka harus melewati jalan terbuat dari satu papan. Fasilitas itu merupakan inisiatif warga Segeram, lantaran sepeda motor mereka sering terperosok di jalan berpasir.

"Sekarang sudah lebih lebar pun masih harus dibenahi karena jalan belum mulus, apalagi aspal. Kemarin saja ada tim BN yang mobilnya terperosok di jalan berpasir," kata Heru.

Sementara akses jaringan belum menemui titik awal obrolan, listrik yang dijanjikan pemerintah kabupaten (pemkab) tak kunjung terealisasi. Faisal mengatakan, selama ini sudah dua kali pihak PLN datang ke Segeram.

 

"Salah satunya sekitar tahun lalu. Pernah juga waktu saya belum jadi RW, ada semacam surat imbauan buat memangkas pohon dalam jarak 2,5 meter dari jalan supaya bisa dipasang aliran listrik. Tapi, ya begitu-begitu saja," terangnya.

Heru menambahkan, dirinya pernah dihubungi Kepala Kecamatan Bunguran Barat bahwa Segeram akan mendapat bantuan listrik dari sebuah perusahaan swasta asal Korea.

"Senang saya, warga juga senang. Saya tanyain terus, tidak dibalas. Sampai akhirnya saya desak, Pak Camat bilangnya tidak bisa karena Segeram bukan desa," tuturnya.

Pada 2016, pemerintah pusat sudah memberi bantuan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tapi, hanya bertahan selama enam bulan karena rusak tersambar petir. "Jadi, setelah dilihat, komponen penangkal petirnya tidak benar," katanya.

Dikatakan, warga sudah lapor soal kerusakan, bahkan sampai ke kontraktor. Baru satu tahun kemudian direspons pihak pemkab yang mengatakan, lebih baik langsung beli baru ketimbang dibetulkan, lantaran biaya sama besar.

Sebagai solusi, akhirnya tiap rumah punya PLTS mini pada 2017. "Kami sebetulnya sudah ada semacam genset. Dari tahun 2000-an pakai itu (genset). 90 persen warga di sini punya (genset)," kata Faisal.

Memanfaatkan dua sumber listrik tersebut, skemanya berupa pukul 18.00--22.00 memakai genset dengan rata-rata biaya solar Rp15 ribu per hari. "Selebihnya pakai PLTS tadi hanya untuk lampu tidur. Lama-kelamaan kan aki dari PLTS berkurang dayanya," tambah Heru.

Ketiga kebutuhan dengan urgensi tinggi ini diharapkan masyarakat Segeram bisa ditangani serius, baik oleh pemerintah kabupaten maupun pusat. "Angin segar memang selalu ada. Tapi, sayangnya belum sampai-sampai ke Segeram," tandas Nizam.

3 dari 3 halaman

Menagih Janji Pemkab Natuna

Soal pemenuhan kebutuhan mendesak di Segeram, Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna Wan Siswandi menuturkan, pihaknya sudah menganggarkan Rp1 miliar tahun depan.

"Prosesnya sudah sampai lelang dengan vendor," katanya di Kantor Bupati Kabupaten Natuna di Ranai, Kabupaten Natuna, Minggu, 22 September 2019.

Setelah jalan diselesaikan, sasaran pembangunan selanjutnya adalah dermaga Kampung Segeram. "Memang sudah ada (dermaga), tapi kan dari kayu. Nanti kami buat dari beton," tambahnya.

Soal jaringan komunikasi, Siswandi mengatakan, di 2020, bakal ada BTS mini di Segeram dari pemerintah pusat.

Sementara soal listrik, Ngesti menuturkan, pihak pemkab masih menelusuri PLTS rusak itu pemberian pihak mana untuk nantinya diproses, entah pembetulan atau pembelian baru.

"Kalau dari pemerintah pusat, harus dihibahkan dulu kalau pemkab mau tangani," jelas perempuan kelahiran Cilacap, Jawa Tengah tersebut.

Pembangunan di Segeram, terutama tiga kebutuhan tersebut, dikatakan Ngesti masuk dalam skala lima tahun ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.