Sukses

Kiat Buka Usaha untuk Para Pemula

Ada sejumlah apsek yang harus diperhatikan para pemula untuk terjun di dunia usaha. Apa saja?

Liputan6.com, Palembang - Memantapkan diri terjun di dunia usaha berjalan beriringan dengan fase-fase yang harus dilalui. Salah satu kunci utama yang wajib diperhatikan adalah pentingnya perencanaan lewat Bisnis Model Kanvas (BMK).

Metode ini pula yang digunakan sebagai langkah awal untuk merancang usaha dalam workshop Muda Berdaya yang diikuti anak-anak SMK sederajat di Palembang. Program Shopee tersebut mencari bibit-bibit yang siap berbisnis dan melek digital.

"Sebenarnya itu akan membantu teman-teman yang baru bikin bisnis untuk lebih mudah dan teratur," kata Wendy Pratama, pendiri Lingkaran.co, platform edukasi kreatif dalam workshop program Muda Berdaya Shopee di The Alts Hotel Palembang, Sabtu, 28 September 2019.

Wendy menambahkan, BMK dapat membedah semua aspek yang ada di bisnis seperti target pelanggan, cara mendapat uang, cara mencapai target pasar melalui via media sosial atau membuka toko. Langkah ini jadi fondasi utama dalam bisnis model.

BMK dipilih karena akan memudahkan para pebisnis muda untuk mengelaborasi dan merancang bisnis lebih baik. Terdapat sembilan blok mewakili proses bisnis, rencana bisnis, dan fondasi lain dalam bisnis.

"Lewat sembilan blok yang sudah terdefinisi ini, mereka akan mudah menjalankan bisnis ke depannya," lanjut Wendy.

Blok pertama merupakan target pelanggan. Pada blok ini, para pebisnis pemula mendefiniskan terlebih dahulu target pelanggan siapa, target market yang ada di mana, hingga umur berapa.

"Kedua value preposition, apa yang bikin beda dibanding usaha atau bisnis serupa lainnya. Unique selling preposition juga ada di sana," jelas Wendy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

9 Blok Bisnis Model Canvas

Setelah target pelanggan dan value preposition dilanjutkan channel, cara value dapat sampai ke pelanggan. Keempat, type relation, di mana para pebisnis harus establish relationship seperti apa ke pelanggan.

"Kelima key resources, apa yang harus dimiliki dalam perusahaan atau aset yang harus dimiliki," kata Wendy.

Berlanjut pada aktivitas kunci, yakni aktivitas wajib yang harus dilakukan. Wendy memberi contoh berjualan pempek soal produksi pempek, marketing atau sales, sampai after sales seperti customer relation.

"Ketujuh adalah key partners, siapa saja yang perlu kita ajak kerjasama dan tidak. Contohnya bikin pempek berarti kerja sama dengan supplier bahan baku karena kita tidak punya bahan baku, tinggal masak saja misalnya. Dua terakhir metode pemasukan dan struktur pengeluaran," tutupnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.