Sukses

Instagram Blokir Iklan yang Tawarkan Operasi Plastik Mirip Kylie Jenner

Iklan yang menawarkan operasi plastik mirip Kylie Jenner dianggap menyesatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu beredar iklan operasi plastik yang bisa membuat perempuan mirip dengan Kylie Jenner atau keluarga Kardashian lainnya.

Setelah menimbulkan kontroversi, tiga iklan tersebut akhirnya diblokir. Dilansir dari Mirror, Sabtu, 28 September 2019, iklan kecantikan tersebut dianggap menyesatkan.

Menurut badan iklan Advertising Standards Authority (ASA), salon kecantikan AKJ Aesthetics dan Queen of Aesthetics menggunakan foto Kylie untuk mempromosikan prosedur filler, bahkan ada paket khusus 'Kylie Jenner Package'.

Menurut pihak ASA, dengan menggunakan gambar Kylie Jenner di iklan operasi plastik di Instagram bisa membuat konsumen salah paham.

Mereka bisa mengira kalau dengan melakukan prosedur kecantikan yang disarankan akan mendapatkan fitur atau bentuk wajah yang sama persis seperti Kylie yang identik dengan bibir tebal, pipi tirus dan dagu lancip.

"Kami beranggapan dan berekspektasi bahwa orang yang ada di iklan yaitu Kylie Jenner memakai produk-produk tersebut dan mengira kalau iklan-iklan tersebut adalah gambaran realistis karena telah menggunakan prosedur kecantikan tersebut," terang representatif dari ASA.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Media Sosial

Badan ikan tersebut juga memblokir klinik kecantikan lainnya Beauty Boutique Aesthetics yang memakai gambar Kim Kardashian dalam mempromosikan botox.

Pada awal bulan ini, pihak Instagram sudah mengeluarkan peraturan baru yaitu akan mulai membatasi unggahan yang mempromosikan bedah plastik dan produk pelangsing, terlebih untuk pengguna Instagram di bawah 18 tahun.

Emma Collin selaku manajer kebijakan publik Instagram menegaskan kalau perusahaan telah bekerja dengan ahli eksternal untuk membuat perubahan yang lebih baik di ranah media sosial tersebut.

Menurut Emma, pihak Instagram menjadi tempat yang positif untuk semua orang yang menggunakannya. Kebijakan terbaru ini menjadi bagian upaya mereka untuk mengurangi tekanan orang yang kadang dirasakan dari efek media sosial.

Meski sempat membuat heboh, sejauh ini belum ada komentar resmi dari Kylie Jenner maupun anggota keluarga Kardashian lainnya seputar iklan kecantikan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.