Instagram Blokir Iklan yang Tawarkan Operasi Plastik Mirip Kylie Jenner

Oleh Henry Hens pada 29 Sep 2019, 19:02 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 09:13 WIB
Kylie Jenner

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu beredar iklan operasi plastik yang bisa membuat perempuan mirip dengan Kylie Jenner atau keluarga Kardashian lainnya.

Setelah menimbulkan kontroversi, tiga iklan tersebut akhirnya diblokir. Dilansir dari Mirror, Sabtu, 28 September 2019, iklan kecantikan tersebut dianggap menyesatkan.

Menurut badan iklan Advertising Standards Authority (ASA), salon kecantikan AKJ Aesthetics dan Queen of Aesthetics menggunakan foto Kylie untuk mempromosikan prosedur filler, bahkan ada paket khusus 'Kylie Jenner Package'.

Menurut pihak ASA, dengan menggunakan gambar Kylie Jenner di iklan operasi plastik di Instagram bisa membuat konsumen salah paham.

Mereka bisa mengira kalau dengan melakukan prosedur kecantikan yang disarankan akan mendapatkan fitur atau bentuk wajah yang sama persis seperti Kylie yang identik dengan bibir tebal, pipi tirus dan dagu lancip.

"Kami beranggapan dan berekspektasi bahwa orang yang ada di iklan yaitu Kylie Jenner memakai produk-produk tersebut dan mengira kalau iklan-iklan tersebut adalah gambaran realistis karena telah menggunakan prosedur kecantikan tersebut," terang representatif dari ASA.

2 of 3

Efek Media Sosial

[Bintang] Kim Kardashian - Kylie Jenner
Lagi-lagi nuansa hitam putih, mana lebih stylish antara Kim Kardashian dan Kylie Jenner. (REX/Shutterstock/HollywoodLife)

Badan ikan tersebut juga memblokir klinik kecantikan lainnya Beauty Boutique Aesthetics yang memakai gambar Kim Kardashian dalam mempromosikan botox.

Pada awal bulan ini, pihak Instagram sudah mengeluarkan peraturan baru yaitu akan mulai membatasi unggahan yang mempromosikan bedah plastik dan produk pelangsing, terlebih untuk pengguna Instagram di bawah 18 tahun.

Emma Collin selaku manajer kebijakan publik Instagram menegaskan kalau perusahaan telah bekerja dengan ahli eksternal untuk membuat perubahan yang lebih baik di ranah media sosial tersebut.

Menurut Emma, pihak Instagram menjadi tempat yang positif untuk semua orang yang menggunakannya. Kebijakan terbaru ini menjadi bagian upaya mereka untuk mengurangi tekanan orang yang kadang dirasakan dari efek media sosial.

Meski sempat membuat heboh, sejauh ini belum ada komentar resmi dari Kylie Jenner maupun anggota keluarga Kardashian lainnya seputar iklan kecantikan tersebut.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓