4 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Oleh Henry Hens pada 29 Sep 2019, 22:03 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 21:13 WIB
Zodiak tidur

Liputan6.com, Jakarta - Untuk bisa menurunkan berat badan dan mendapatkan perut langsing memang tidak mudah dan butuh waktu. Apalagi kalau pola makan dan pola hidup kita sehari-hari kurang sehat, maka kita perlu komitmen yang kuat untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat.

Bila masih bingung dalam mencoba menerapkan kebiasaan sehat untuk mendapatkan perut langsing, bisa dicoba dari kebiasaan yang dilakukan pada malam hari.

Dilansir dari livehealthy.chron.com, ada sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perut langsing sekaligus menurunkan berat badan.

Kita bisa memulainya dari hal yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan. Namun yang terpenting, kita harus benar-benar disiplin dan konsisten dalam melakukannya.

Hindari Minuman Bergula

Hasil penelitian Berkeley's University Health Services mengungkapkan bahwa kandungan gula dalam minuman ringan bisa menyebabkan penumpukan lemak pada perut yang disebut lemak viseral (lemak yang tidak terlihat karena tidak berada di bawah kulit, melainkan di sekitar organ dalam tubuh).

Untuk itu, pada malam hari sebaiknya minum minuman yang rendah kalori atau yang nol kalori seperti air putih. Teh hijau juga bisa dikonsumi karena kandungan katekin yang ada di dalamnya dapat membantu proses pembakaran lemak.

Tidur dengan Lampu Redup

Meningkatnya kadar hormon stres yang dikenal kortisol berkaitan dengan meningkatnya lemak perut. Penyebab peningkatan hormon tersebut dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan retensi lemak.

Lampu yang terlalu terang juga bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh dan meningkatkan produksi hormon kortisol. Untuk itu, disarankan pada malam hari kita tidur dengan lampu redup atau lampu padam. Dengan begitu, kita bisa tidur lebih nyenyak dan nafsu makan bisa terkontrol dengan lebih baik.

2 of 3

Menu Kaya Serat Saat Makan Malam

Makan Sayur
Ilustrasi makan sayur/copyright shutterstock By Makistock

Penelitian dari Wake Forest Baptist Medical Center menyebutkan bahwa dalam kurun waktu lima tahun, seseorang bisa menurunkan lemak perutnya sebanyak 3,7 persen dengan mengonsumsi 10 gram serat larut setiap hari.

Jadi, disarankan untuk pilih menu yang kaya serat saat makan malam untuk mencukupi kebutuhan asupan serat harianmu.

Berhenti Makan setelah Pukul 8 Malam

Kita bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menjaga berat badan dengan berhenti makan setelah lewat pukul 8 malam. Kenapa?

Sebab pada pukul 8 malam, seperti yang dikutip dari buku Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi, sistem pencernaan memasuki fase penyerapan dan asimilasi.

Pada pukul 8 malam sampai 4 pagi, saat tubuh dan pikiran kita sedang istirahat total atau tidur, tubuh mulai menyerap, mengasimilasi, mengedarkan zat makanan dan detoksifikas.

Makan larut malam atau kurang tidur akan menghambat fase ini karena energi yang ada terbagi untuk mencerna makanan atau aktivitas yang dilakukan ketika kita sedang tidak tidur.Tidur yang cukup pada malam hari juga bisa membantu Anda mendapatkan perut langsing. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by