Sukses

Muda Berdaya, Asah Kemandirian dengan Berbisnis

Mengeksplorasi kreativitas anak-anak SMK yang akan jadi individual berbisnis dalam program bertajuk Muda Berdaya yang digelar di Palembang.

Liputan6.com, Palembang - Mengolah kreativitas sejak muda tak hanya melahirkan ragam ide menarik, tetapi juga mengasah diri jadi pribadi yang pandai bisnis. Langkah ini tentunya turut didukung dengan spirit mencipta inovasi tiada henti.

Melihat potensi para generasi muda, Shopee menghadirkan program bertajuk "Muda Berdaya". Program tersebut khususnya ditujukan untuk anak-anak SMK sederajat.

"Kami mencoba mengembangkan jiwa kemandirian anak Indonesia yang akan jadi angkatan siap kerja atau secara individual berbisnis agar lebih mandiri," kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia di The Alts Hotel Palembang, Jumat, 27 September 2019.

Shopee sendiri berkomitmen untuk terus mendorong digital ekosistem ke seluruh lapisan masyarakat. Semangat ini juga bertujuan menciptakan anak muda berprestasi, melek digital, dan siap menggunakan digital semaksimal mungkin.

"Fokus pada anak-anak SMK, terutama di Palembang, karena kami ingin melihat potensi lain di luar Pulau Jawa dan melihat ada serapan anak-anak SMK di sini masih rendah, sehingga ingin menimbulkan kemandirian lebih banyak," lanjutnya.

E-commerce yang hadir di tujuh negara ini memiliki banyak seller yang sudah matang dari offline ke online. Maka dari itu, hal lain yang ingin dicapai adalah menularkannya pada anak-anak muda.

"Output yang diharapkan ingin anak muda kreatif dan ada dedikasinya. Makanya kami membuat program ini menyaring dari 100 sekolah yang ikut dari sisi bisnis dan ide untuk bisa tercapai bisnis itu," ungkap Rezki.

Shopee berkolaborasi dengan Semua Murid Semua Guru (SMSG) dalam program Muda Berdaya. Jalinan ini bukan hanya dari sisi kredibilitas, namun juga kesamaan visi misi memajukan anak-anak muda yang lebih maju.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Pelatihan dan Pemenang

Muda Berdaya yang diselenggarakan Shopee di Palembang jadi program dan kota pertama. Rezki melihat kesiapan anak-anak SMK yang punya jiwa kritis dan kreatif luar biasa.

"Dibantu teman-teman SMSG dalam melakukan inkubasi, kami memilih bisnis terbaik untuk dilatih dengan Kampus Shopee, Bimbel Shopee agar bisnis dapat berjalan," tutur Rezki.

Sebelumnya, 100 sekolah mengirimkan proposal tertulis yang disaring jadi 20. Kegiatan workshop yang dilakukan selama 27--29 September 2019 di Palembang lantas akan memilih 10 kelompok yang akan ikut Bimbel Shopee.

"Dari program ini, kita pilih tiga pemenang yang akan diberi modal untuk bisnis mereka. Penilaian pun bukan hanya dari sisi kreativitas atau barangnya, tetapi keberlangsungan produk ini dan efek ke sosial," lanjutnya.

Workshop selama tiga hari ini lebih menekankan pada marketing landscape, tips dan trik berjualan online yang mencangkup foto, pelayanan, diskon, hingga after sales. 10 besar akan bergabung dengan Kampus Shopee dan bertemu real seller di lapangan sekaligus praktik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.