Cerita Andien Aisyah Pakai Tas Rp30 Ribu ke Ajang Penghargaan

Oleh Asnida Riani pada 28 Sep 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2019, 05:00 WIB
[Fimela] Andien Aisyah
Perbesar
Andien Aisyah. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta - Harga barang sepertinya bukan masalah bagi penyanyi Andien Aisyah. "Tinggal bagaimana kita membuat barang (Rp)10 ribu sama bagusnya dengan yang harganya (Rp)10 juta," kata pelantun lagu Halo Sayangku itu di bilangan Jakarta Selatan, pekan lalu.

Ya, Andien mengaku memang sangat gemar berburu barang-barang bekas. Agenda seru ini tak hanya dilakukan perempuan 34 tahun tersebut di dalam negeri, tapi juga saat menyambangi sejumlah negara lain.

Dalam peresmian organisasi yang diprakarsainya, Setali, Andien Aisyah berbagi pengalaman unik ketika memakai barang bekas berupa tas. "Jadi, aku pernah datang ke sebuah ajang penghargaan dan ada yang tanyain tasku," tuturnya.

Setelah disebut harganya hanya Rp30 ribu, orang yang bertanya itu diceritakan Andien sampai bengong tak percaya. Itu lantaran kondisi yang masih bagus dengan warna yang tetap 'hidup' membuat tas tersebut tak tampak berharga murah.

Di samping penampilan menarik, kebiasaan membeli barang bekas dengan kualitas yang masih bagus dijadikan sebagai komitmen gaya hidup berkelanjutan yang dijalani Andien Aisyah. "Memperpanjang usia barang kan jadinya," tutur ibu anak satu tersebut.

2 dari 3 halaman

Trik Memperpanjang Usia Pakaian

Setali
Perbesar
Konferensi pers bazar 'Barang Lama Bersemi Kembali' helatan Setali, yayasan yang diprakarsai Andien Aisyah, di Taman Kerinci, Jakarta Selatan, 20 September 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Selain berburu ragam barang bekas, Andien Aisyah juga menjelaskan sederet trik memperpanjang usia barang, terutama baju. Mengingat, limbah pakaian sudah dalam tahap mengkhawatirkan lewat munculnya fast fashion.

"Pertama, memanfaatkan jasa sewa baju. Sekarang kan sudah bisa tuh di beberapa tempat. Jadi, bisa dimanfaatkan," tuturnya.

Kemudian, bisa juga dengan memakai baju dalam jangka waktu lama. Hal ini tentu bisa tercapai dengan merawat pakaian sebaik mungkin. Cara sederhananya adalah mengikuti cara mencuci berdasarkan label di pakaian.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓