Menu Makanan Penambah Darah saat Diet yang Praktis dan Gampang

Oleh stella maris pada 27 Sep 2019, 16:20 WIB
Diperbarui 28 Sep 2019, 14:15 WIB
Nafsu makan

Liputan6.com, Jakarta Zat besi merupakan unsur penting dalam tubuh manusia. Selain untuk memproduksi sel darah merah, sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh. Salah satu sumber zat  besi ada pada daging merah, namun bagi mereka yang sedang mengejar berat badan ideal daging merah bisa menjadi musuh yang wajib dijauhi.

Tapi ternyata sumber zat besi tak hanya dari daging merah semata, beberapa bahan makanan juga memiliki kandungan zat besi yang sama baiknya. Dikutip dari laman health.com, bila Anda menginginkan diet tetapi tidak mau makan daging dan tetap ingin memperoleh zat besi yang baik, ini dia beberapa menu diet yang bisa membantu.

Brokoli dan tomat segar

Makanan sehat
Menu makanan penambah darah.

Brokoli merupakan sayuran kaya akan zat besi, sementara tomat mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi dalam kombinasi kedua sayur ini dikatakan sangat baik jika dijadikan menu diet sehari-hari.

Selain sehat, kedua sayur ini juga memiliki rasa yang enak dan mudah dikreasikan menjadi berbagai masakan lezat. Agar lebih spesial dalam menyantapnya Anda bisa memasaknya dengan cara ditumis bersama ikan tuna atau dada ayam tanpa lemak.

Bayam dan Paprika Merah

Makanan sehat
Menu makanan penambah darah.

Sama halnya dengan bahan di atas, bayam adalah sayuran yang kaya akan zat besi, sementara paprika merah mengandung vitamin C yang cukup banyak. Dua sayuran ini bisa dinikmati dan menjadi menu diet yang baik bagi tubuh sekaligus bisa menjadi pengganti daging. Agar rasa keduanya semakin lezat, Anda bisa memasaknya dengan cara menumisnya bersama bawang putih, cabai merah dan minyak zaitun ditambah sedikit garam.

Cokelat hitam dan buah stroberi

Makanan sehat
Menu makanan penambah darah.

Para ahli kesehatan sejak lama membuktikan bahwa cokelat hitam merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Sementara buah stroberi buah yang kaya akan vitamin C juga memiliki kandungan beberapa vitamin penting lain bagi tubuh.

Untuk dapatkan tubuh langsing dan perut yang awet kenyang, disarankan agar sarapan dengan segelas yogurt ditambah beberapa buah strawberry. Menambahkan cokelat hitam ke dalam sereal sebagai menu sarapan juga sangat baik dan disarankan.

Itulah beberapa menu diet yang kaya akan zat besi dan vitamin C serta sangat baik buat kesehatan tubuh. Tapi, selain mengonsumsi menu di atas Anda juga bisa membantu memenuhi asupan zat besi dengan mengonsumsi Sangobion Fizz.

Suplemen zat besi, multivitamin, dan mineral satu ini bekerja untuk membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan tubuh. Rasanya pun begitu nikmat dengan rasa buah cranberry yang menyegarkan.

Saatnya penuhi kebutuhan zat besi harian Anda untuk hari dan diet yang lebih terjaga.

 

(Adv)