Jangan Buat Keputusan Saat Lapar

Oleh Putu Elmira pada 29 Sep 2019, 14:30 WIB
Diperbarui 29 Sep 2019, 14:30 WIB
Cara Kendalikan Rasa Lapar Saat Berpuasa

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian di Inggris menyarankan agar jangan pernah membuat keputusan saat lapar, apalagi menyangkut keputusan besar. Tunda dahulu sampai perut kenyang atau Anda akan membuat keputusan yang salah.

Para peneliti dari Universitas Dundee Inggris sebelumnya menguji 50 orang dengan usia rata-rata 21 tahun. Mereka ditanyai sebuah permintaan untuk memilih yang berkaitan dengan makanan, uang dan hadiah lainnya.

Mereka diuji dua kali yaitu pada saat dua jam setelah mereka makan, dan sekali lagi ketika mereka belum makan apapun selama 10 jam. Peserta diminta untuk memilih salah satu hadiah.

Dalam edisi terakhir dari Jurnal Buletin dan Review Psikologi menyebutkan ada tiga tipe hadiah yang berbeda yang diberikan kepada mereka. Pilihannya yaitu beberapa cokelat, sejumlah uang atau sebuah hadiah yang lebih besar tapi akan diberikan dalam waktu beberapa hari ke depan.

Dan semua orang cenderung memilih hadiah yang lebih kecil saat lapar, dibandingkan hadiah yang lebih besar tapi akan diberikan dalam beberapa waktu yang akan datang.

2 dari 3 halaman

Durasi Kelaparan versus Kesabaran

Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Sahur
Cepat Lapar / Sumber: iStockphoto

Penelitian lain juga menemukan hal serupa. Orang-orang dengan keadaan perut yang normal mau menunggu selama 35 hari untuk mendapatkan hadiah dengan ukuran yang besar. Namun, orang yang lapar hanya bisa menunggu paling maksimal sampai tiga hari.

Penelitian ini dibuat karena hanya ingin tahu apakah orang yang lapar benar-benar dapat menimbulkan efek yang buruk bagi mereka sendiri atau tidak yang ternyata memang benar. Dr Benjamin Vincent, penulis dari studi ini meyakini bahwa keputusan yang dibuat saat lapar hanya menghasilkan keputusan yang buruk.

Tim studi Benjamin juga mencari tahu cara memprediksi orang akan lapar dan efek yang ditimbulkan akibat kondisi tersebut. Ternyata, kelaparan dapat menimbulkan efek buruk yang berkepanjangan.

Mereka akan mudah marah dalam jangka waktu panjang atau pendek ketika mereka lapar. Mereka juga terus memilih hadiah yang berkaitan dengan makanan, sedangkan hadiah yang tidak berkaitan akan ditolak.

Secara umum, seharusnya orang -orang juga tahu bahwa ketika sudah mulai lapar, mereka segera datangi tempat makan. (Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Restoran dan Cafe Milik WNI di Amerika Dirusak