Sukses

Di Toko Bahan Organik Ini Pembeli Harus Bawa Wadah Sendiri

Sebuah toko menjual barang tanpa kemasan. Mereka yang berbelanja harus membawa wadah masing-masing untuk mengambil barang yang mereka butuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah sampah, terutama sampah plastik menjadi masalah yang belum kunjung selesai. Masalah ini terjadi di seluruh negara, termasuk di Indonesia.

Bicara sampah plastik, memang tak cukup hanya sekadar membahas teori, tapi butuh aksi atau tindakan nyata. langkah sekecil apa pun yang kita lakukan, tentu akan sangat berarti untuk mengurangi jumlah sampah.

Di Bandung misalnya, beberapa toko yang menjual perlengkapan sehari-hari berbahan dasar organik sampai peralatan penunjang gaya hidup ramah lingkungan mulai bermunculan. Salah satunya adalah Toko Organis di bawah Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) Bandung.

Toko yang menyediakan i berbagai kebutuhan hidup penunjang zero waste ini sudah berdiri sejak 2013 lalu di Jl. Batik Uwit nomor 1, Sukaluyu, Bandung, Jawa Barat.

Mereka menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti sabun, sampo, detergen, minyak goreng, kecap, camilan, dan masih banyak lagi.

Yang menarik, toko ini menjualnya tanpa kemasan. Jadi, mereka yang berbelanja harus membawa wadah masing-masing untuk mengambil barang yang mereka butuhkan.

Dilansir dari Ayobandung.com dan akun Instagram @tokoorganisypbb, para pembeli juga akan menimbang sendiri dan memasukkan harga sendiri di timbangan. Bisa dibilang toko bahan organik ini menerapkan konsep self-service.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sama dengan di Pasaran

Tak hanya menjual aneka kebutuhan rumah tangga, Toko Organis juga menyediakan aneka jenis produk penunjang gaya hidup bebas sampah dan alami yang dibuat oleh komunitas maupun indvidu.

Misalnya, sabun mandi organik, loofah, peralatan makan dari bambu, filter kopi bambu, dan tas belanja. Mereka juga menjual biji lerak, yaitu deterjen alami yang bisa dipakai mencuci, menghasilkan busa alami, dan lebih ramah lingkungan.

Meski menjual dengan konsep isi ulang, harga yang dijual tetap sama dengan harga di pasaran. Di toko tersebut kita bisa melihat daftar harga untuk setiap barang yang dijual per kilogramnya, untuk menjadi acuan pembeli saat menimbang dan mengalkulasinya.

Jadi, kalau Anda yang ingin memulai gerakan zero waste dari sekarang, coba sambangi toko ini. Anda juga bisa membeli beberapa peralatan penunjang hidup zero waste, seperti kompos takakura, alat pembuat lubang biopori, dan sebagainya.

Selain membawa wadah sendiri berupa kotak atau botol, jangan lupa membawa kantong belanja sendiri. Tentunya, toko ini jelas tidak menyediakan kantong plastik. Kalau tertarik, Anda bisa datang ke Toko Organis yang buka setiap Senin sampai Jumat, mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.