Meghan Markle Kenakan Kerudung Saat Berkunjung ke Masjid Tertua di Afrika Selatan

Oleh Putu Elmira pada 25 Sep 2019, 09:03 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 14:17 WIB
Meghan Markle

Liputan6.com, Jakarta - Ada serangkaian kegiatan yang dilakukan Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam tur kerajaan. Satu di antaranya adalah mengunjungi Masjid Auwal, masjid tertua di Afrika Selatan.

Dilansir dari People, Rabu (25/9/2019), dalam kunjungan tersebut, Duchess of Sussex tampil dalam balutan gaun maxi warna hijau zaitun. Gaun ini terbuat dari nilon tisu daur ulang oleh STAUD.

Tak hanya itu, Meghan Markle juga mengenakan kerudung warna krem saat mengunjungi masjid yang dibangun pada 1794 selama pendudukan Inggris di Cape of Good Hope tersebut.

Selama berkeliling, pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 itu melihat naskah pertama Qu'ran di Afrika Selatan. Naskah ini disusun oleh Tuan Guru atau Imam pertama dari memori saat ia dipenjara di Robben Island.

Selain itu, Meghan Markle dan Pangeran Harry kemudian bertemu anggota kelompok agama. Mereka belajar mengenai pekerjaan yang dilakukan di masjid untuk mempromosikan dialog antaragama di Cape Town.

Masjid Auwul menyambut pengunjung dari semua denominasi. Masjid ini juga menjadi tuan rumah dialog antaragama untuk mengembangkan pemahaman antaragama dan antaragama antara berbagai komunitas Afrika Selatan.

2 of 3

Kunjungan Tur Kerajaan

Meghan Markle
Meghan Markle mengenakan kerudung saat mengunjung masjid tertua di Afrika Selatan bersama Pangeran Harry. (DAVID HARRISON / AFP)

Islam pertama kali diperkenalkan di Afrika Selatan oleh para pemimpin muslim di pengasingan dan budah Melayu di akhir 1600--1700an. Sebelum pendudukan Inggris, budak tidak diizinkan untuk memeluk Islam.

Saat ini, bagi komunitas muslim, masjid melambangkan kebebasan para mantan budak untuk beribadah. Sementara, kunjungan Meghan dan Pangeran Harry ke Afrika menjadi tur kerajaan pertama dengan putra pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor atau akrab disapa Archie.

Ketika sampai di Afrika Selatan pada Senin, 23 September 2019 dini hari waktu setempat, Meghan meninggalkan pesawat sembari memeluk Archie. Kehadiran bayi berusia empat bulan itu sukses mencuri perhatian.

Perempuan berusia 38 tahun ini bergabung dengan Harry pada kunjungan di Afrika Selatan sebelum ia berangkat solo untuk engagement di Botswana, Angola, dan Malawi. Meghan diperkirakan akan tinggal di Afrika Selatan bersama Archie.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓