Donasi Atas Nama Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk Bangun Kolam Renang di Mozambik

Oleh Henry pada 24 Sep 2019, 04:02 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry

Liputan6.com, Jakarta - Setiap aktivitas yang dilakukan oleh Royal Family atau keluarga Kerajaan Inggris selalu menjadi daya tarik bagi publik. Salah satu yang terbaru adalah kegiatan amal yang dilakukan oleh Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.

Melansir dari Mirror, 23 September 2019, diketahui Duke dan Duchess of Sussex ini telah mendonasikan 4.350 euro atau setara dengan Rp67,5 juta untuk Love the Oceans Conservation. Lembaga ini diketahui sebagai organisasi yang membantu penduduk di Teluk Guinjata, Mozambik. Mereka mendonasikan uang ini atas nama putra satu-satunya, Archie Mountbatten-Windsor.

Tak sembarang memberikan donasi, alasan Pangeran Harry dan Meghan menyumbangkan uang tersebut adalah untuk memfasilitasi penduduk di sana untuk berenang. Diketahui, sekitar 12 orang di Mozambik meninggal karena tenggelam setiap tahunnya. Padahal, kebanyakan dari penduduk di sana bekerja sebagai nelayan dan 90 persen di antaranya tidak dapat berenang.

Karenanya, pihak dari Love the Oceans berencana untuk membangun kolam renang dan membutuhkan biaya sebesar 5.000 euro atau setara dengan Rp77,5 juta. Kolam renang ini nantinya akan difungsikan untuk mengajari 200 anak-anak berenang, melatih delapan asisten renang dan membiayai satu guru renang.

"Tantangan terbesar saat ini adalah soal tempat. Kami harus membawa 40 anak- anak dengan truk pick up, berkendara selama 45 menit untuk sampai ke resor penyelaman lokal yang terkadang tidak selalu tersedia," tulis Adam Knight, seorang relawan Love the Oceans pada permohonan donasi yang dia masukkan ke laman JustGiving.

Setelah menerima donasi atas nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor, Adam mengaku organisasinya sangat terkejut dan berterima kasih atas kemurahan hatinya. Dia mengatakan kepada kolega kerjanya, bahwa donasi ini pasti dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan.

"Kami mencoba menelepon beberapa kali dan akhirnya kami bisa memastikan bahwa donasi ini benar dari mereka, dan hal ini sungguh luar biasa. Tanpa adanya donasi dan dukungannya, proyek ini tidak akan berhasil," tambahnya lagi.

2 of 3

Donasi Lain ke Afrika Selatan

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry dan Meghan Markle hadiri premier film The Lion King di London, Inggris, 14 Juli 2019. (TOLGA AKMEN / AFP)

Selain donasi ini, keluarga Pangeran Harry juga akan melakukan tur kerajaan ke Afrika Selatan pada Senin (23/9/2019). Diketahui, Meghan berencana membawakan buku mewarnai, pulpen dan baju bayi milik Archie untuk disumbangkan ke ibu-ibu di sana. Tur ini merupakan tur pertama Harry dan Meghan dengan membawa putranya.

Berdasarkan informasi dari pihak kerajaan, perencanaan kunjungan ini disiapkan Meghan dengan sungguh-sungguh. Dia sering meminta pendapat pada orang lain mengenai apa yang harus dia bawa untuk membantu penduduk di sana yang bisa berguna dan cepat didapat.

"Dia sangat memikirkan ini dan selalu bertanya, 'Apa yang bisa kita bawa?', 'Apa lagi yang bisa kita lakukan?'" ujar sumber terdekat kerajaan.

Duchess of Sussex ini diketahui akan berfokus untuk mengedukasi para wanita di daerah Cape Town dan Johannesburg. Sedangkan, Pangeran Harry akan mengikuti jejak ibunya, Putri Diana yang berfokus pada konservasi, ranjau darat dan menjaga hubungan Afrika Selatan dengan Inggris. (Novi Thedora)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓