Sukses

Kaledo, Kuliner Khas Palu yang Dicicipi Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo mengabadikan momen saat ia mencicipi kuliner khas Palu bernama Kaledo.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap berwisata kuliner ketika berkeliling Nusantara. Suami Siti Atiqoh Supriyanti ini baru saja mencicipi kuliner khas Palu, Sulawesi Tengah bernama Kaledo.

Melalui sebuah video singkat yang diunggah di akun Instagram pribadi, Ganjar Pranowo mengabadikan momen tengah mencicip Kaledo di rumah makan Kaledo Stereo yang berada di Jalan Pue Bongo, Palu.

"Kalau kamu ke Palu, kami bisa coba masakan tradisional yang khas dari Palu. Nah, ini namanya dengkul. Apa yaa? Bukan dengkul ini tungkak sapi," kata Ganjar dalam video yang diunggah pada 21 September 2019.

Kaledo merupakan sajian khas masyarakat Donggala, Palu. Masakan ini lebih banyak memakai bahan dari kaki sapi dengan ukuran tulang yang besar serta sumsum di bagian tulangnya yang bisa disedot dengan sedotan.

Ikuti berita Ganjar Pranowo di Merdeka.com

"Saya beruntung bisa mendapatkan sumsum yang ini sudah bagus, ini bisa disedot. Gurih, agak sedikit pedas. Memang harusnya ditaruh kemudian dipotong. Seperti apa? Nah ini cara potongnya," lanjutnya.

Dalam video yang dibagikan, Ganjar Pranowo pun memeragakan cara memotong Kaledo. Terlihat pula bagaimana ia menikmati sajian ini dengan menyedot sumsum tulang Kaledo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

3 dari 3 halaman

Paduan Rasa Kaledo

Menariknya, sajian Kaledo dinikmati bersama ubi. Ganjar Pranowo pun dengan mantap memasukkan potongan ubi ke dalam kuah Kaledo.

Sebelum video kuliner Kaledo berakhir, ia mengakui kenikmatan kuliner khas Palu ini dengan memberikan dua jempol. Selain itu, lewat kolom keterangan, Ganjar juga menyampaikan paduan rasa di Kaledo.

"Rasanya mantap, gurih campur pedas. Kalau di Jawa mungkin ada yang jual juga, tapi sepertinya beda rasa. Makannya agak ribet, tapi memang enak, mantap," tulisnya.

Unggahan wisata kuliner Ganjar di Palu tersebut sukses mencuri perhatian warganet. Tak sedikit dari mereka yang memberikan beragam tanggapan dalam kolom komentar.

"mantaaaap pak ganjar," tulis akun umi.husein. "Itu enak sekali pak aplg pke ubi," lanjut akun andicassiaputri. "Mantaapppp jadi lapar," jelas akun adzana_azza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.