Kolam Monet Jepang, Destinasi Wisata yang Indah Bagai Lukisan Hidup

Oleh Komarudin pada 19 Sep 2019, 15:02 WIB
Kolam Monet

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial jadi salah satu wadah untuk memperkenalkan sebuah lokasi wisata, seperti di Prefektur Gifu di Jepang. Di tempat itu terdapat sebuah kolam kecil yang dikenal kolam Monet (Monet's Pond). Berkat media sosial, tempat itu sekarang menjadi salah satu destinasi yang terkenal di Jepang. Seperti apa kolam Monet itu?

Sebelum dikenal sebagai kolam Monet, tempat ini disebut Namonaki, dan tak pernah dimaksudkan sebagai objek wisata. Awalnya, tempat itu dirancang sebagai reservoir irigasi.

Namun saat tempat itu rusak pada 1990-an, pemilik Taman Bunga Itadori yang lokasi tingggalnya berdekatan membereskannya sambil membersihkan gulma yang tumbuh terlalu besar.

Dilansir dari Odditycentral, Rabu, 18 September 2019, dengan bantuan dewan lingkungan, pria itu mengisi danau dengan air bersih dari Gunung Koga, dan menanam bunga lili air yang indah. Kemudian, seorang warga lokal menyumbangkan ikan mas miliknya untuk mengisi kolam itu lantaran tidak lagi sanggung merawat. 

Keindahannya makin tampak, tapi butuh waktu lebih dari 1,5 dekade bagi reservoir ini untuk mencapai potensi penuhnya sebagai objek wisata.

Pada musim panas 2015, foto-foto Kolam Namonaki yang indah tersebar luar. Airnya yang jernih, ikan koi Jepang yang berwarna-warni berenang dengan damai di sekitarnya, dan lusinan bunga lili air yang membuat seluruh pemandangan seperti lukisan Monet.

2 of 3

Ramai Dibicarakan

Kolam Monet
Kolam Monet atau Monet's Pond jadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Jepang (Dok.Instagram/@onlyinjapantv/https://www.instagram.com/p/BLX62QaDj0E/Komarudin)

Saat ini orang seperti tak pernah berhenti membicarakan keindahan kolam tersebut. Tak sedikit yang bertanya, apakah tempat tersebut benar-benar ada dan di mana kolam tersebut berada.

Beberapa membandingkannya dengan lukisan Monet kehidupan nyata. Meski begitu, sejumlah penduduk di sana tetap menyebut kolam itu sebagai Namonaki, sedangkan seluruh dunia mengenalnya sebagai kolam Monet.

Uniknya, tampilan kolam Monet berbeda tergantung dengan musim. Misalnya, bunga lili air mekar dari akhir Mei hingga akhir Oktober, sedangkan bunga lili air hijau segar dapat terlihat dari pertengahan April hingga akhir November, dengan bunga berwarna terlihat dari akhir Desember hingga akhir Juli.

Lain lagi pada November dan awal Desember, air kolam yang murni mencerminkan daun musim gugur dari pohon maple yang berada di sekelilingnya.  Tertarik datang ke sana?

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓