Sukses

Klub Basket Juara NBA Rilis Hijab untuk Tim Putri

Klub juara NBA 2019 ini menjadi tim pertama yang merilis jilbab khusus untuk atlet mereka yang berhijab.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan hijab di dunia olahraga semakin meluas. Yang terbaru dilakukan oleh klub bola basket Toronto Raptors. Tim basket asal Kanada ini tergabung dalam kompetisi National Basketball Association (NBA) di Amerika Serikat dan menjadi juara di tahun ini.

Seperti sebagian besar klub NBA lainnya, mereka mempunyai tim pria dan tim wanita. Namun, mereka menorehkan sejarah sebagai menjadi tim pertama yang merilis jilbab khusus untuk atlet mereka yang berhijab. Toronto Raptors meluncurkan brand hijab berkolaborasi dengan produsen sepatu terkemuka, Nike.

"Terinspirasi oleh mereka yang cukup berani untuk mengubah permainan. Toronto Raptors Nike Pro Hijab kini sudah tersedia #WeTheNorth," tulis akun Twitter Toronto Raptors @Raptors.

Dalam pengumumannya mengenai hijab khusus untuk atlet wanita muslim itu, Raptors mengunggah gambar yang menampilkan sebuah hijab hitam. Ada logo bola basket pada hijab dengan model simpel tersebut.

Unggahan pada 13 September 2019 itu sudah mendapatkan 23 ribu Likes, 7 ribu Retweet dan 2,7 ribu komentar sampai berita ini ditulis. Banyak yang mendukung Raptors karena berkolaborasi dengan hijabers.

"Sangat menginspirasi, di mana saya bisa membeli produk ini?" cuit akun @Ssaaanaa.

Direktur marketing senior Maple Leaf Sports dan Entertainment Jerry Ferguson mengatakan bahwa tim Toronto Raptors terinspirasi oleh kelompok penggemar muslim yang menyebut dirinya sendiri sebagai Hijabi Ballers, dalam akun Instagram @hijabiballers.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Wanita Muslim Berolahraga

Raptors pun mengajak Hijabi Ballers bekerjasama untuk merancang hijab yang cocok bagi para atlet basket.  Dilansir dari The Guardian, 14 September 2019, mereka sangat gembira dan senang bisa bermitra dengan klub juara NBA 2019 tersebut.

Mereka juga senang bisa menyampaikan amanah ke dunia yaitu merayakan dan meningkatkan kesempatan bagi wanita muslim dalam olahraga, dengan meluncurkan brand baru Toronto Raptors @Nike Pro Hijab. Olahraga basket merupakan bagian integral dari komunitas mereka yang berkembang dalam budaya sebuah kota.

Dalam unggahan di Instagram pada 13 September 2019, mereka menuliskan: "Hal ini memungkinkan banyak orang untuk datang dan bermain bersama, merasa percaya diri dengan kemampuan kita dan untuk merayakan siapa kita sebenarnya".

Pendiri Hijabi Ballers Amreen Kadwa menambahkan kolaborasi ini tak akan jadi yang terakhir. Mereka melihat banyak potensi untuk kemitraan selanjutnya untuk terus tumbuh lebih besar. Hijab untuk olahraga basket tersebut akan tersedia di toko resmi Raptors di pusat kota Toronto, Kanada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.