Sukses

Portugal Raih Gelar Destinasi Paling Ramah Penyandang Disabilitas

Portugal sukses menyabet penghargaan Accessible Tourist Destination.

Liputan6.com, Jakarta - Traveling seru dan menyenangkan dapat dinikmati oleh siapa saja, termasuk mereka para penyandang disabilitas dan yang berkebutuhan khusus. Terkait hal itu, baru-baru ini Portugal berhasil menyabet sebuah penghargaan Accessible Tourist Destination 2019.

Dilansir dari Lonely Planet, Rabu (18/9/2019), penghargaan tersebut diterima Portugal dari World Tourism Organisation dalam kemitraan dengan Once Foundation. Gelar ini sekaligus mengukuhkan Portugal sebagai destinasi yang paling ramah disabilitas di dunia.

Negara asal pemain bola Cristiano Ronaldo itu diketahui memiliki beragam upaya untuk mempromosikan aksesibilitas pariwisata. Hal tersebut menjadikan Portugal jadi negara yang bisa diakses oleh semua orang yang telah menjadi prioritas oleh pemerintah negara ini.

Sebuah program bernama All for All Programme diluncurkan pada 2016 untuk memberdayakan sektor pariwisata, membantu menciptakan dan mempromosikan rencana perjalanan yang bisa diakses di seluruh negeri. Tujuannya untuk menjadikan tujuan yang inklusif bagi semua wisatawan.

Ada pasar 90 juta wisatawan dengan kebutuhan mobilitas khusus di Eropa. Penghargaan ini menyoroti kepemimpinan Portugal dalam hal aksesibilitas untuk semua orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beragam Program Pendukung

Sebagai bagian dari program yang dilaksanakan, beragam inisiatif dikembangkan. Sebut saja mulai dari peta jalan yang dapat diakses di Visit Portugal dan panduan praktik yang baik untuk sektor pariwisata.

Jalur pembiayaan khusus diluncurkan untuk mendukung proyek aksesibilitas dalam pariwisata. Ada 116 proyek yang telah menerima dukungan hingga saat ini.

Selain program "Accessible Beach", Portugal juga meluncurkan program "Festivals + Accessible". Ini bertujuan untuk mengenal acara yang menghadirkan kondisi aksesibilitas untuk orang dengan kebutuhan khusus, termasuk wanita hamil, manula, pengguna kursi roda, dan tunanetra.

Ada pula portal pencarian web dan aplikasi bernama Tur4All yang juga telah dirilis. Portal ini menyediakan informasi mengenai hotel, restoran, dan penawaran budaya untuk orang-orang dengan kebutuhan mobilitas spesifik di Portugal dan Spanyol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.