Sukses

5 Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Penerbangan Subuh

Ada lima tips agar tidak mengantuk dan terlambat saat penerbangan subuh.

Liputan6.com, Jakarta - Saat merencanakan traveling, pesawat masih menjadi menjadi moda transportasi favorit untuk dipilih. Hal itu lumrah saja, karena selain waktu tempuh yang cepat untuk destinasi jarak jauh, kini tiket pesawat mudah dan murah didapatkan.

Berbagai promo dan potongan harga ditawarkan maskapai penerbangan. Minat menggunakan pesawat untuk traveling pun semakin meningkat. Wajar saja beberapa maskapai membuka rute baru dan menambah frekuensi penerbangan setiap harinya.

Jadwal penerbangan yang banyak tentu menjadi keuntungan tersendiri. Penumpang bisa memilih waktu penerbangan sesuai dengan kebutuhannya. Anda bisa terbang pagi hari, siang, atau malam hari, dan tentunya dengan kelebihan masing-masing.

Banyak penumpang memilih penerbangan pagi atau dini hari. Beberapa hal yang membuat orang memilih penerbangan pagi hari, yaitu tiket pesawat cenderung lebih terjangkau, jumlah penumpang lebih sedikit, dan minimnya potensi delay.

Meski begitu, penerbangan pagi atau subuh memiliki tantangan tersendiri. Bangun subuh untuk bersiap ke bandara kadang menjadi masalah. Ujung-ujungnya momen traveling menjadi terganggu bahkan gagal.

Memilih penerbangan dini hari mau tidak mau kita harus melawan rasa kantuk agar tidak tertinggal pesawat. Untuk itu, ada lima tips agar tidak mengantuk dan terlambat saat penerbangan subuh.

Tidur lebih awal

Saat memilih jadwal penerbangan subuh, yang harus dilakukan tentu tidur lebih awal. Hindari begadang agar tidak terlambat bangun. Kalau jadwal penerbangan sekitar pukul tiga hingga lima pagi hari, Anda bisa memulai tidur sebelum pukul sepuluh malam.

Berikan waktu dua hingga tiga jam sebelum jadwal penerbangan untuk persiapan ke bandara. Perlu upaya untuk tidur lebih awal. Apalagi jika kamu orang yang terbiasa tidur malam.

Minum air putih yang cukup sebelum berangkat

Bagi sejumlah orang, kantuk bisa dihilangkan dengan meminum minuman berkafein seperti kopi. Namun, bagi yang tidak terbiasa minum kopi apalagi pada dini hari, minum air putih yang cukup bisa menghindari kantuk saat mengejar pesawat.

Sebagaimana diketahui, air putih mampu menjaga tubuh dari dehidrasi yang merupakan penyebab kantuk. Saat dehidrasi, jantung otomatis memompa lebih keras sehingga kita kelelahan dan mengantuk.

Olahraga sebentar dan mandi subuh

Usahakan sempatkan waktu untuk olahraga ringan dan mandi sebelum berangkat ke bandara. Olahraga ringan dapat mengembalikan kesadaran karena adrenalin terpacu. Cukup stretching ringan untuk meregangkan otot.

Mandi subuh juga bisa menghilangkan rasa kantuk saat mengejar penerbangan subuh. Mandi subuh juga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memperlancar peredaran dan tekanan darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggunakan Jasa Antar Jemput Bandara

Salah satu alasan lainnya memilih penerbangan subuh yaitu jalan yang lengang menuju bandara. Perjalanan ke bandara bisa dimanfaatkan untuk tidur sebentar dengan menggunakan jasa antar jemput bandara.

Salah satu kendaraan ke bandara yang bisa dicoba yaitu taksi bandara Traveloka. Dengan menggunakan taksi ke bandara, Anda bisa memanfaatkan waktu sepanjang perjalanan untuk istirahat.

Kini, taksi bandara dapat dipesan dengan mudah. Cukup melalui website atau aplikasi Traveloka, memesan taksi bandara bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara mengurangi rasa kantuk saat mengejar pesawat. Dengarkanlah musik dengan genre yang membuat semangat. Jangan memilih jenis musik dengan irama pelan. Bisa-bisa Anda akan semakin mengantuk.

Selain mendengarkan musik, bisa juga menyantap camilan sepanjang perjalanan ke bandara. Ngemil bisa meredakan rasa kantuk Anda. Pilih camilan seperti biskuit gandum, granola, yoghurt rendah lemak, atau buah. Dengan begitu, Anda juga bisa mengurangi rasa lapar saat ke bandara.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, rasa kantuk saat penerbangan subuh bisa dihindari. Bila Anda terjaga sampai pesawat lepas landas, Anda dapat menikmati keindahan sunrise di antara awan-awan. Menyenangkan bukan penerbangan pesawat di pagi hari?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.