Cerita Perjalanan Keluarga Asal Malang Keliling Indonesia dengan Campervan

Oleh Komarudin pada 18 Sep 2019, 11:04 WIB
Donny Kris

Liputan6.com, Jakarta - Traveling ke beberapa negara dengan menggunakan mobil model Campervan kian mudah ditemukan di negara Barat. Hal tersebut bahkan telah menjadi gaya hidup sekaligus lebih hemat, karena tidak perlu menyewa hotel, traveler sudah bisa beristirahat di mobil besar tersebut.

Berbeda dengan di Indonesia, saat ini belum banyak yang melakukan hal tersebut, berkeliling dengan mobil berukuran jumbo. Salah satunya terbaru dilakukan oleh keluarga Donny Kris, seorang pengusaha kuliner dan juga IT dari Malang, Jawa Timur.

Bersama istri dan empat anaknya yan kebetulan homeschooling, mereka keliling Indonesia dengan menggunakan VW Transporter yang dimodifikasi menjadi Campervan.

"Pertama saya terinspirasi dengan mobilnya dulu, yakni model Campervan VW Californian XXL. Itu waktu saya tanya di dealer harganya bisa sampai Rp4,5 miliar kalau import ke Indonesia. Akhirnya, saya bangun sendiri campervan mirip Californian XXL dengan bujet kurang dari Rp1 miliar dan hasilnya keren banget," kata Donny Kris dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Donny mengungkapkan, sudah lama ingin keliling dunia pakai Campervan. Ia kian semangat lagi saat liburan di Selandia Baru menggunakan campervan yang ia sewa di sana.

"Tapi belum bisa keliling dunia, saya baru aktivitas keliling Indonesia, itu pun mungkin belum sampai 20 persen wilayah Indonesia karena luas banget. Banyak spot menarik di Indonesia ini," kata Donny.

Donny saat ini sedang menuju menuju Sumbawa bersama campervan-nya. Dalam unggahannya dalam akun Instagramnya, ia menuliskan tentang penyeberangannya dari Lombok ke Sumbawa.

"Lega akhirnya bisa mnjejakkan ban di pulau Sumbawa. Penyeberangan dari Lombok ke Sumbawa kurang lebih 2 jam saja. Jauh lebih cepat dari Bali ke Lombok yg 5 jam," tulis Donny, Senin, 16 September 2019.

2 of 3

Sarana Belajar

Donny Kris
Donny Kris menjelajahi Indonesia dengan memakai mobilnya bersama keluarga (Dok.Instagram/@campvy/https://www.instagram.com/p/B17V0DRJYUG/Komarudin))

Selain Sumbawa, Donny Kris juga berencana untuk menjelajahi Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi serta Papua. Tiga tahun ini ia ingin mengeksplorasi semua wilayah Indonesia, sebelum memikirkan untuk ke negara tetangga dan juga negara lainnya.

"Indonesia dulu. Karena di Indonesia banyak sekali spot indah dan terbaik. Jadi butuh waktu lama untuk ke negara lain," ujar Donny.

Di kendaraannya itu juga ditempeli berbagai stiker, salah satunya Pesona Indonesia sebagai bagian dari branding Kementerian Pariwisata  yang terus mengkampanyekan Pesona Indonesia.

Sambil keliling Jawa dan wilayah lainnya, ia juga membagikan merchandise berupa kaos, mug, stiker dan lainnya yang bertemakan "Indonesia Seindah Ini, Kamu di Rumah Saja?"

Selain itu, setiap berjumpa dengan masyarakat, Donny selalu menginspirasi orang akan kekayaan alam Indonesia. Selama dalam perjalannya, ia juga memantau bisnis oleh-olehnya di beberapa kota di Indonesia.

"Keliling sambil mantau bisnis juga. Anak-anak selalu ikut, kebetulan merekakan homeschooling semua. Jadi traveling juga sebagai sarana belajar bagi anak-anak saya mengenal lebih dekat sejarah, budaya, alam dan sebagainya," tandas Donny yang memberi nama VW-nya @campvy yang digunakan sebagai tempat berbagi seputar perjalanannya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓