Viral Video Cara Ibu Rawat Anaknya yang Tunanetra, Bikin Meleleh

Oleh Asnida Riani pada 18 Sep 2019, 02:04 WIB
Tunanetra

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hari berjalan kaki selama 15 menit ke sekolah bagi Gao Ya adalah perjalanan pembentuk kepercayaan diri. Bocah tunanetra ini menuruni tangga, menyusuri pedestrian, sampai menyeberang jalan sendiri, atau setidaknya itulah yang ia pikirkan.

Tak ingin meluluh-lantakkan kepercayaan diri sang buah hati, ibunda Gao Ya secara diam-diam akan mengikuti guna menjaga anaknya selamat sampai sekolah dan nantinya utuh kembali pulang ke rumah.

Lewat sebuah video yang diunggah di akun YouTube New China TV, beberapa waktu lalu, tampak di sana ibu Gao tengah membantu putrinya bersiap-siap sekolah. "Bagaimana kalau hari ini rambutmu ditata jadi kuncir kuda?" tuturnya dengan penuh semangat, lalu memuji betapa cantik sang putri.

Di depan pintu apartemen mereka, si ibu akan berpura-pura mengucapkan selamat tinggal. "Saya akan menjaganya menyeberang jalan karena seringkali ada mobil yang langsung berbelok tanpa melihat," katanya.

Kondisi dilema sempat dialami sang ibu ketika Gao Ya salah arah, apakah ia harus memberitahunya atau tidak. Ia pun memutuskan untuk tetap mengawasi saja dan membiarkan bocah tunanetra tersebut memecahkan masalah sendiri.

"Ketika nantinya ia sudah berjalan di dekat rumah, saya akan diam-diam berlari untuk kemudian menyambutnya di tangga apartemen kami," terangnya.

2 of 3

Ingin Anaknya Independen

Tunanetra
Cara ibu merawat anaknya yang tunanetra ini jadi sorotan. (dok. screenshot YouTube @New China TV)

Khawatir dengan anak, tapi tak ingin memberitahunya ini punya alasan. Sang ibu ingin Gao Ya menumbuhkan rasa percaya diri sehingga nanti ketika dewasa, ia bisa independen dengan keterbatasannya.

"Saya tahu ia nantinya tak akan hidup dengan ibunya, dengan ayahnya. Saya tidak mau ia jadi tak bisa apa-apa karena tidak ada orangtuanya," ucapnya.

Sang ibu mengatakan, dirinya sangat senang memfoto putrinya. Di ponselnya, ada ribuan foto Gao Ya yang memperlihatkan perkembangan si anak, mulai dari masih kecil, sampai sekarang sudah berusia 11 tahun.

"Saya juga diam-diam memotretnya kala berjalan menuju sekolah. Ada beberapa foto memperlihatkan perkembangannya, entah ia tambah tinggi atau gemuk, di tempat yang sama," ujarnya.

Masih di dalam rekam gambar tersebut, Gao Ya terlihat padai memainkan beberapa alat musik, yakni piano dan ocarina. Rekam gambar ini kemudian menarik perhatian warganet dan membuat tak sedikit mereka terharu dengan pengorbanan sang ibu.

"Kasih ibu memang tak bisa dibalas dengan apapun," tulis salah seorang pengguna Twitter.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by