Sukses

4 Cara Sehat Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Selain jangan sering dikonsumsi, ada empat cara sehat dalam menyantap makanan cepat saji.

Liputan6.com, Jakarta - Fast food atau makanan cepat saji setiap harinya dikonsumsi jutaan orang diseluruh dunia setiap harinya. Alasannya bermacam-macam, mulai dari rasanya yang enak, murah, dan praktis.

Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa fast food bukanlah makanan yang sehat jika dikonsumsi terus menerus. Meski begitu, bukan berarti kita harus berhenti total dan sama sekali tidak mengonsumsi makanan cepat saji.

Kalau Anda hanya makan sesekali dan melakukan triknya dengan benar, ada berbagai macam hal yang tetap membuat Anda sehat meski beberapa kali masih mengonsumsi fast food. Dilansir dari Star2, berikut lima trik sehat mengonsumsi fast food.

Porsi Kecil

Kalau Anda dihadapkan dengan berbagai ukuran burger, pilihlah ukuran yang paling kecil seperti size untuk anak-anak. Jika burger ukuran dewasa mengandung kalori sebanyak 800 kalori, burger ukuran anak-anak biasanya hanya mengandung 250 kalori.

Jadi, buatlah pilihan bijak dengan menjaga makanan Anda tetap dalam porsi yang sedikit. Kalau masih merasa belum kenyang, sebaiknya menyantap makanan yang lebih menyehatkan.

Makanan Pendamping yang Sehat

Selain makanan cepat saji, pilihlah makanan pendamping yang lebih sehat yang ditawarkan oleh restoran fast food. Contohnya, dibanding kentang goreng, pilihlah salad dengan saus dressing rendah kalori.

Anda juga bisa menambahkan fruit bowl atau yogurt ke dalam pilihan makanan Anda. Pilihan makanan sehat lainnya adalah nasi steam dan baked potato chips. Begitu juga dengan daging, pilihlah daging yang dibakar. Makanan yang dipanggang lebih menyehatkan daripada yang digoreng.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih yang Mengandung Sayuran

Seperti salad atau sup yang lebih sehat, pastikan Anda memilih makanan yang mengandung sayuran lebih banyak ketika mengonsumsi fast food atau makanan cepat saji.

Sebaiknya, pilihlah dressing salad dengan kalori yang cukup dan tidak terlalu berlebihan. Selain itu, hindari mengonsumsi ayam goreng dan keju dalam tumpukan side dish yang Anda pilih.

Hindari minuman manis

Banyak minuman yang tinggi akan kalori terdapat di restoran fast food. Salah satunya soft drink yang memiliki lebih dari 200 kalori dan mengandung gula buatan.

Jadi, dibanding mengonsumsi soda, gantilah minuman Anda dengan air mineral biasa. Hindari mengonsumsi minuman shake atau es krim yang ternyata juga tinggi akan kandungan kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.