Sukses

Dokter Kerajaan Bagikan Tips Tetap Sehat Seperti Ratu Elizabeth

Tak semua orang bisa tetap sehat dan aktif di usia tua seperti Ratu Elizabeth. Simak rahasia hidup sehatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak banyak orang seperti Ratu Elizabeth II. Bukan hanya karena statusya sebagai pimpinan kerajaan Inggris. Yang membuat banyak orang kagum dan mungkin bertanya-tanya adalah usianya sudah mencapai 92 tahun tapi tetap terlihat sehat.

Ratu Inggris ini masih aktif melakukan beragam kegiatan. Tentunya hal itu tidak dicapai dengan mudah. Sang ratu diketahui mempunyai dokter pribadi untuk membantu mengontrol dan menjaga kesehatannya.

Dia adalah Mosaraf Ali, yang merupakan dokter pribadi kerajaan. Dilansir dari Brightside.me, dalam bukunya  Dr. Ali's Nutrition Bible, ia membagikan tips bagaimana memperoleh hidup yang baik dan sehat seperti keluarga kerajaan Inggris,

Menurut Mosaraf, dengan menjalani gaya hidup sehat akan membuat kita jarang terkena sakit parah, dan 80 persen penyakit tidak perlu membutuhkan penanganan dokter. Berikut lima tips untuk tetap sehat sampai usia tua seperti Ratu Elizabeth.

Kualitas Tidur dan Selera Makan

Orang yang sehat adalah orang yang dapat dengan mudah tidur nyenyak. Mereka akan bangun dengan rasa bugar serta aktif sepanjang harinya dan. baru akan merasakan lelah di malam hari.

Tanda lain yang mengindikasikan kesehatan Anda adalah tidak kehilangan selera pada makanan apapun, tidak makan terlalu banyak tapi teratur.

Menurut Dr. Mosaraf, keriput, kantung mata, mata panda, dan beberapa masalah lainnya bukan selalu menjadi pertanda dari masalah kesehatan. Hal itu karena setiap orang memiliki proses penuaan yang berbeda-beda,.

Mendeteksi Kesehatan Lewat Lidah

Kalau ujung lidah Anda berwarna merah, hal itu mengindikasikan jantung Anda mungkin sedang bermasalah atau terlalu banyak karbohidrat seperti coklat, permen, dan lainnya.

Kalau pada lidah terdapat plak abu-abu, itu menunjukkan kalau fungsi usus Anda sedang terganggu atau kurang sehat. Jika ada bintik merah gelap pada lidah, bisa jadi itu pertanda anemia dan warna kuning menandakan Anda memiliki masalah pada hati.

Kalau lidah terlihat keriput dan ada lapisan air liur yang transparan berarti Anda kurang minum. Jadi perhatikan kondisi lidah Anda setiap hari dan jika warnanya berubah maka segera konsultasikan ke dokter.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Bernutrisi

Nutrisi adalah hal terpenting bagi kesehatan Anda. Makanlah lebih banyak sayur dan buah dibanding makanan kalengan, seperti dengan rajin membuat jus. Lebih disarankan untuk mengganti jus buah dengan wortel, apel, jahe, dan seledri.

Bagi para vegetarian, mereka bisa mengganti protein dari daging dengan tahu, keju, susu almond, dan lainnya. Bagi yang bukan, lebih disarankan untuk mengganti daging dengan ayam atau kalkun.

Kurangi atau usahakan berhenti menyantap makanan cepat saji, keju, jamur, dan makan garam sesedikit mungkin. Yang terpenting, minum air putih yang cukup, yaitu sekitar 6 sampai 8 gelas sehari.

Diet Sehat

Untuk sarapan, pilih makanan yang ringan tapi kaya akan protein seperti telur, almond dan keju. Atau bisa juga menambahkan buah, sereal, dan yogurt.

Untuk makan siang, konsumsi kombinasi terbaik dari sayur, protein, dan karbohidrat seperti kalkun, salad dan kentang. Bisa juga menambahkan hidangan penutup yang tidak terlalu manis.

Untuk makan malam, sebaiknya diselesaikan sebelum pukul 8 malam. Konsumsilah makanan yang ringan dan hindari makanan pedas, berat, atau manis karena bisa mengurangi kualitas tidur.

3 dari 3 halaman

Jaga Postur Tubuh

Ada sejumlah rekomendasi dari Dr. Mosaraf agar tulang belakang tetap tegap. Pada saat duduk ataupun berdiri, usahakan kepala Anda lurus ke depan.

Angkat dagu sampai Anda merasa leher dan bahu Anda tidak berlipat. Dorong bahu ke belakang agar Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri.

Gunakan teknik ini saat Anda merasa badan Anda mulai pegal. Lakukan setiap hari agar Anda mempunyai postur tubuh yang bagus dan sehat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.