5 Makanan Alternatif Pengganti Nasi yang Bergizi

Oleh Henry Hens pada 15 Sep 2019, 21:00 WIB
brokoli

Liputan6.com, Jakarta - Nasi adalah makanan utama orang Indonesia. Meski begitu banyak polemik seputar nasi puti yang dianggap kurang sehat. Banyak penelitian menyebutkan bahwa nasi putih sebenarnya tidak begitu sehat dikonsumsi.

Alasan utamanya, karena kalorinya yang tinggi sehingga mudah membuat tubuh gemuk. Untuk beberapa orang yang memutuskan diet, hampir semuanya akan memutuskan mengurangi makan nasi putih.

Untuk mengganti nasi putih yang tinggi kalori tapi tetap kenyang, ada beberapa altenatif yang bisa dicoba. Dilansir dari Fimela, berikut lima alternatif pengganti nasi yang tinggi gizi.

Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran rendah kalori dan rendah karbohidrat, sangat cocok dijadikan pengganti nasi. Seratnya yang tinggi menjadi kelebihan tersendiri sebagai makanan diet. Menariknya lagi, kembang kol bisa diolah mirip nasi dengan cara dihancurkan atau dicacah kecil.

Brokoli

Seperti saudaranya yang berwarna putih, brokoli juga sayuran rendah kalori dan rendah karbohidrat. Kandungan nutrisi brokoli bahkan diyakini lebih tinggi seperti vitamin dan antioksidan.Mi shirataki

Mi shirataki cukup populer sebagai menu diet pengganti nasi beberapa waktu lalu, karena rendah kalori dan rendah karbohidrat. Makanan ini terbuat dari akar tanaman konnyaku, yang mengandung serat tinggi bernama glucomannan yang mengenyangkan.

2 of 3

Mi Shirataki

mie shirataki
copyright barmalini from Shutterstock

Mi shirataki cukup populer sebagai menu diet beberapa waktu lalu, karena rendah kalori dan rendah karbohidrat. Makanan ini terbuat dari akar tanaman konnyaku, yang mengandung serat tinggi bernama glucomannan yang mengenyangkan.

Kubis

Kubis adalah bentuk lain dari brokoli dan kembang kol yang tak juga rendah kalori namun tinggi serat. Kelebihan lainnya, kubas mudah didapatkan, kaya vitamin dan mineral penting seperti vitamin K yang mampu mencegah penggumpalan darah di dalam pembuluh darah.

Oats

Oats memiliki kalori rendah dengan serat tinggi. Rasanya yang hambar membuat oats sering ditambahkan pemanis seperti susu atau madu. Hal tersebut justru tidak sehat.

Konsumsi oats cukup dengan air hangat dan buah segar kalau ingin menjadikannya sebagai pengganti nasi. Jadi selain nasi putih, ada sejumlah alternatif pengganti nasi yang bergizi karena rendah kalori dan tinggi serat.  (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by