Sukses

Sosok Kreatif Pencipta Ilustrasi BJ Habibie Gandeng Mesra Sang Istri

Gambar ilustrasi BJ Habibie menggandeng mesra sang istri sempat diunggah oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie tak hanya meninggalkan duka, tetapi juga inspirasi. Beragam teks, vlog, hingga ilustrasi bertebaran di dunia maya sebagai ungkapan kesedihan warga yang ditinggalkan bapak berjuluk Mr. Crack itu.

Salah satu ilustrasi soal sosok Habibie yang mencuri perhatian diunggah oleh akun Instagram @karyaadalahdoa. Gambar yang menampilkan BJ Habibie melambaikan tangan sambil berbalik setengah badan dan menggandeng mesra sang istri itu sempat pula dipakai menjadi feed Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ia mengunggahnya untuk mengajak warga mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari, hingga Jumat ini. "Selamat Jalan Presiden Ke-3 Indonesia. Selamat Jalan Bapak Teknologi. Selamat Terbang Pulang Baharuddin Jusuf Habibie. Safe Flight. Al fatihah," begitu tulis Khofifah, 12 September 2019.

Penasaran, Liputan6.com menelusuri sosok ilustrator yang membuat karya tersebut. Dari admin akun Instagram #KaryaAdalahDoa diketahui bahwa ilustrasi itu dibuat oleh Tizar yang berjudul Jalan Keabadian untuk Sang Kekasih.

Ilustrasi diunggah sebagai bentuk ungkapan duka masyarakat atas meninggalnya Habibie. Hingga Jumat (13/9/2019) sore, ilustrasi tersebut mendapat lebih dari 22 ribu like.

"B.J. Habibie telah menyelesaikan semua tugas dan urusan di dunia dengan sebaik-baiknya. Sang Maha Cinta pun telah memanggilnya. Kini ia menapaki jalan keabadian bersama kekasihnya yang telah menunggu di sana. Selamat jalan, putra terbaik bangsa. Presiden ke-3 Republik Indonesia. 25 Juni 1936 - 11 September 2019," tulis Latifah Fawwaz, penulis caption dari ilustrasi tersebut.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Kampanye Kisah Blusukan Jokowi

Akun Instagram KaryaAdalahDoa diluncurkan sejak Agustus 2018 oleh empat ilustrator Demokreatif, unit usaha dari Advertising Agency Berakar Komunikasi, yang terdiri dari Yoga Adhistira, Hari Prast, Satriyo Wibowo, dan Eko Harsoselanto. Mereka berempat juga menjadi anggota tim Kampanye Kisah Blusukan Jokowi pada Pemilu Presiden 2014.

Pengelola akun mengaku ikut merasa kehilangan sosok BJ Habibie. Konstribusi Habibie dirasakan tak langsung oleh para kreator di bidang ilustrasi. Untuk menghormatinya, mereka pun melahirkan karya yang menggugah semangat berkarya para pemuda.

Tim kreatif ini juga pernah melahirkan buku ilustrasi berjudul Karya Adalah Doa Untuk Nusantara. Di dalamnya terdapat tim ilustrator profesional dan kontribusi beberapa mahasiswa dan komunitas kreatif yang punya hobi sama.

Tim ini terdiri dari tim kreatif dunia iklan (art director, ilustrator, dan copywriter), perencana strategi, dan account executive. Banyaknya jumlah ilustrator tim kreatif ini tidak tetap.

Saat ini, KaryaAdalahDoa bisa ditemukan di Facebook Karya Adalah Doa, Instagram dan Twitter dengan id @karyaadalahdoa. Tapi bagi Anda yang ingin melirik hasil karya dan merchandise yang dibuat tim kreatif ini bisa mampir ke website-nya. (Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.