Alasan Orang Naik Berat Badannya Seiring Bertambah Usia

Oleh Komarudin pada 16 Sep 2019, 05:03 WIB
Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kian sulit bagi mereka untuk menjaga berat badan tetap terkendali. Bahkan jika mereka tak makan lebih banyak atau berolahraga kurang dari sebelumnya.

Kebanyakan orang bertambah berat badannya seiring bertambahnya usia mereka. Mengapa itu terjadi?

Dikutip dari Times of India, Jumat (13/9/2019), studi terbaru yang dipublikasikan Journal Nature Medicine menemukan jawabannya untuk Anda.

Menurut penelitian baru di Nature Medicine, pergantian lipid dalam jaringan lemak (tingkat di mana lipid atau lemak dalam sel lemak dihapus) berkurang selama penuaan dan dengan demikian membuatnya lebih mudah untuk menambah berat badan.

Para ilmuwan mempelajari sel-sel lemak pada 54 wanita dan pria selama 13 tahun. Dalam periode ini, semua orang terlepas dari apakah mereka kehilangan atau bertambah berat badan menunjukkan penurunan pergantian lipid dalam jaringan lemak.

2 of 3

Makan Lebih Sedikit

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)
Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Orang-orang yang tak mengimbangi dengan makan lebih sedikit kalori menambah berat badan rata-rata 20 persen. Studi ini berkolaborasi dengan peneliti di Uppsala University, Swedia, dan University of Lyon, Perancis.

Para peneliti juga memeriksa pergantian lipid pada wanita berusia 41 tahun yang menjalani operasi bariartik untuk melihat bagaimana tingkat pengaruh kemampuan mereka untuk menjaga berat badan setelah operasi.

Hanya wanita yang memiliki tingkat pergantian lipid rendah sebelum operasi berhasil meningkatkan pergantian lipid mereka dan mempertahankan penurunan berat badan mereka.

Studi ini dilakukan bekerja sama dengan para peneliti di Universitas Uppsala, Swedia, dan Universitas Lyon, Prancis.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by