Studi: Minum Cokelat Hangat Bisa Cegah Kanker

Oleh Henry Hens pada 10 Sep 2019, 09:02 WIB
Cokelat hangat

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka cokelat? Berbagai bentuk cokelat, baik sebagai makanan maupun minuman selalu menggugah selera. Salah satunya adalah minuman hot chocolate atau cokelat panas.

Ada kabar menyenangkan buat penyuka minuman ini. Cokelat hangat ternyata, bukan hanya enak diminum ketika sedang santai, lelah dan stres.

Dilansir dari Fimela, cokelat hangat juga menyimpan manfaat kesehatan yang tak terduga. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam cokelat memiliki konsentrasi antioksidan tinggi.

Kandungan itu berkhasiat dapat mencegah kanker dan penyakit jantung dan penuaan dengan cara melawan radikal bebas di tubuh. Penelitian dilakukan selama 18 bulan untuk mengetahui efek minum cokelat hangat pada tubuh.

Penelitian lain menunjukkan bahwa cokelat hangat yang dibuat dari dari bubuk cokelat murni mempunyai jumlah antioksidan dua kali lipat lebih lipat sama kuatnya dengan antioksidan pada red wine.

2 of 3

Enak dan Sehat

coklat hangat
ilustrasi coklat/Photo by Shoiab Ahmed on Unsplash

Sedangkan penelitian dari Cornell University menemukan, cokelat hangat memiliki antioskidan lebih tinggi daripada beberapa minuman menyehatkan lainnya, seperti teh hijau dan teh hitam.

Secara umum, cokelat memang memiliki senyawa antioksidan kuat yang mampu melepaskan stres. Cokelat juga merangsang pelepasan hormon kebahagiaan sehingga kita merasa rileks dan bebas stres.

Namun tak banyak yang tahu kalau antioksidan cokelat hangat sekuat itu hingga mampu mencegah kanker. Jadi bagi penyuka cokelat hangat, Anda tak hanya minum enak, tapi juga bisa lebih sehat. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓