6 Masjid Indah yang Jadi Destinasi Wisata Favorit Dunia

Oleh Dinny Mutiah pada 10 Sep 2019, 08:05 WIB
6 Masjid Indah yang Jadi Destinasi Wisata Favorit Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan tempat menawan dan inspiratif yang sarat dengan sejarah dan keindahan. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi destinasi favorit yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke tempat itu.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 9 September 2019, Agoda merangkum enam masjid yang dianggap paling menakjubkan yang pernah dibangun. Tapi sebelum ke sana, jangan lupa untuk memperhatikan etika berkunjung agar perjalanan Anda nyaman dan umat yang beribadah tenang.

1. Masjid Biru – Istanbul, Turki

Sebagai salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul yang dibangun antara 1609 dan 1616, Masjid Biru adalah visi arsitektur Sultan Ahmed I dari Kesultanan Utsmaniyah (Kekaisaran Ottoman) ketika berusia 13 tahun.

Bangunan megah ini memiliki enam menara tinggi, tidak seperti masjid yang lebih tradisional yang hanya memiliki satu hingga empat menara. Masjid Biru paling baik dikunjungi dengan tur pribadi atau kelompok kecil berpemandu guna mempelajari kekayaan sejarah masjid ini.

2. Masjid Kul Sharif – Kazan, Rusia

Terletak di Kazan, sebuah kota di barat daya Rusia, Masjid Kul Sharif yang menakjubkan ini dibangun kembali pada 2005 dengan sentuhan modern yang sempat rata setelah dihancurkan pada 1552. Terdapat tiga bagian, yaitu masjid, tugu peringatan, dan kantor administrasi, bangunan ini menjadi salah satu masjid terbesar di Eropa.

3. Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu masjid terbesar di dunia, dengan kapasitas untuk 40.000 jemaah sekaligus.

Menampilkan dinding marmer berwarna putih salju, lampu kristal emas 24 karat dan karpet tenunan tangan terbesar seluas 5.630 m², masjid ini menyambut lebih dari lima juta pengunjung dalam setahun.

2 of 3

4. Masjidil Haram – Mekkah, Arab Saudi

Wow, Begini Pemandangan Masjidil Haram dari Ketinggian
Pemandangan Masjidil Haram dengan Menara Abraj Al-Bait terlihat dari helikopter saat umat muslim melaksanakan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Senin (12/8/2019). Di tempat paling suci bagi umat muslim ini terdapat Kakbah yang menjadi kiblat bagi umat muslim seluruh dunia. (AP Photo/Amr Nabil)

Sebagai situs ziarah haji dan umrah, Masjidil Haram adalah masjid paling suci dalam agama Islam. Bangunan masjid mengelilingi Kabah, yakni kiblat kaum muslim saat salat.

Masjid ini dapat menampung hingga empat juta orang dan dianggap oleh umat Muslim sebagai tempat paling suci di dunia. Tak hanya itu, ada pula air zamzam yang tak pernah surut dan menyegarkan bisa didapat gratis di masjid ini.

5. Masjid Agung – Xi’an, China

Masjid Agung adalah salah satu masjid tertua di Tiongkok yang didirikan pada abad ke-8. Dengan perpaduan arsitektur khas Tiongkok dan seni Islam, masjid ini adalah salah satu situs suci paling menarik di negeri ini. Sebagai yang pertama dari empat ibu kota kuno Tiongkok, jangan lewatkan tur untuk menjelajahi sejarah dan kisah budaya dari Xi'an.

6. Masjid Tokyo Camii – Jepang

Nama masjid ini populer ketika sejumlah pesohor menikah di tempat tersebut. Sebut saja Maia Estianty saat dinikahi Irwan Musry dan Syahrini ketika dinikahi Reino Barack.

Tokyo Camii adalah masjid terbesar di Jepang, yang dibangun dengan gaya Ottoman oleh para imigran asal Turki. Pembangunan masjid menggunakan bahan bangunan dan perabotan yang diimpor dari Turki.

Jangan lupa untuk mengunjungi Pusat Budaya Turki yang terletak berdekatan dengan masjid ini atau berbelanja makanan halal di supermarket halal yang baru dibuka di sekitar area masjid.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap