Sukses

Wanita di India Lahirkan Anak Kembar pada Usia Pernikahan ke-54 Tahun

Wanita India yang lahirkan anak kembar itu padahal sudah memasuki masa menopause.

Liputan6.com, Jakarta - Mangayamma, seorang wanita berusia 74 tahun di negara bagian India, Anthar Pradesh, baru-baru ini menjadi wanita tertua dalam sejarah melahirkan, setelah berhasil melahirkan bayi perempuan kembar melalui prosedur IVF (in vitro fertilisation, IVF) atau sering disebut bayi tabung. Berita tentang seorang wanita 74 tahun melahirkan itu cukup menghebohkan di antara dokter di India.

Wanita India itu menikahi Yaramati Sitarama Rajarao, seorang petani dari desa Nelaparthipudi, pada 1962. Tetapi meskipun mengunjungi banyak dokter dan kuil, pasangan itu tak kunjung melahirkan selama 54 tahun pernikahan mereka, seperti dikutip Oddity Central, Jumat 6 September 2019.

Mangayamma ingat orang-orang memandangnya seolah-olah ia telah melakukan semacam dosa. Beberapa menyebutnya dikutuk, tetapi untungnya suaminya yang menemani memberinya kekuatan. Bahkan setelah mencapai menopause sekitar 25 tahun yang lalu, wanita itu masih memiliki keinginan kuat untuk melahirkan.

Tahun lalu, setelah melihat seorang tetangga berusia 55 tahun hamil melalui fertilisasi in-vitro, ia dan suaminya memutuskan untuk menjalani prosedur tersebut.

Dokter di Ahalya Nursing Home mengungkapkan bahwa tak setiap hari mereka didekati oleh wanita berusia 74 tahun yang ingin hamil, yang membuat kasus Mangayamma jauh lebih istimewa. Mereka melakukan semua tes yang diperlukan dan menyimpulkan bahwa ia bisa menjalani IVF karena ia tidak menderita diabetes maupun tekanan darah.

Dokter juga meminta Mangayamma untuk menjalani konseling psikologis, untuk memastikan bahwa ia memahami apa yang ia hadapi dan bahwa ia tetap kuat secara mental selama kehamilan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Dokter Pantau Kesehatan Mangayamma

Terlepas dari usianya, Mangayamma mengandung dalam siklus pertama prosedur IVF, dan selama sembilan bulan, total 10 dokter memantau kesehatan secara umum, nutrisi, dan kesehatan jantung, memastikan kehamilannya berjalan semulus mungkin.

Kemarin, Kamis, 5 September 2019, wanita berusia 74 tahun itu menjadi yang tertua di dunia yang melahirkan, setelah melahirkan anak perempuan kembar yang sehat. Rekor sebelumnya ditetapkan pada 2016, ketika Daljinder Kaur yang berusia 70 tahun melahirkan bayi laki-laki, juga melalui IVF.

"Saya sangat senang. Tuhan telah menjawab doa-doa kami, " jelas Mangayamma kepada wartawan," Kami adalah pasangan paling bahagia di dunia saat ini. Kami punya anak sendiri. ”

“Karena rahmat Tuhan dan dokter, saya sekarang menjadi ayah dua anak perempuan yang bangga,” tambah suami berusia 80 tahun Mangayamma. "Saya sangat senang. Setelah 54 tahun, Tuhan telah menjawab doa-doa kami. ”

Dokter mengatakan bahwa salah satu faktor utama untuk keberhasilan perawatan IVF adalah kesehatan fisik ibu yang sehat. Setelah seksio C hari Kamis, baik Mangayamma dan putri kembarnya dilaporkan dalam keadaan sehat, tetapi tetap di rumah sakit untuk observasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.