Sukses

Kampanye Mengusir Kesepian Lewat Bungkus Cokelat Tanpa Kata-Kata

Tak ada kata-kata pada bungkus cokelat ikonik itu demi donasi untuk mengatasi krisis kesepian di Inggris.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pada Rabu, 4 September 2019, Cadbury secara resmi menghilangkan seluruh kata-kata pada bungkus kemasan produk cokelatnya yang ikonik. Hanya disisakan gambar dua gelas yang mengucurkan susu berwarna putih saja.

Cokelat dengan desain bungkus tersebut sementara ini hanya dijual di wilayah Inggris. Ruang kosong yang tersisa digunakan untuk membangkitkan kepedulian terhadap isu kesepian.

Hal itu didasari temuan yang diungkap sebuah lembaga, Age UK. Mereka menyebut lebih dari 225 ribu orang berusia 65 tahun ke atas bisa tidak berbicara dengan siapa pun selama seminggu penuh.

Dilansir laman Good Housekeeping, Kamis, 5 September 2019, berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.900 orang berusia 65 tahun ke atas di Inggris Raya, hampir 2,6 juta orang mengaku mereka hanya berbicara kepada tiga orang atau kurang dalam seminggu.

Secara umum, hampir 4,5 juta orang usia lanjut mengaku kesepian dalam masa tua mereka. Sementara, lebih dari setengah juta orang mengaku berhenti ke luar rumah dan hanya menyendiri dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Sederhana

Survei tersebut juga menemukan bahwa gestur sederhana, sekecil apapun, dapat membuat perbedaan. Beberapa tindakan dapat membantu orang-orang berusia lanjut merasa lebih percaya diri ketika berada di luar rumah, di antaranya mengenalinya sebagai tetangga, tersenyum atau menyapa, hingga bertanya tentang dirinya menjalani hari.

"Kesepian dapat memengaruhi kesehatanmu, kesejahteraanmu, dan cara kamu melihat dirimu. Kesepian dapat membuatmu merasa tak terlihat dan dilupakan," kata Caroline Abrahams, Direktur Amal Age UK.

"Sapaan ramah 'halo' atau 'apa kabarmu' seringkali dianggap remeh oleh kita, hanya dianggap bagian dari hidup sehari-hari, tetapi angka-angka terbaru menunjukkan bahwa ratusan dan bahkan ribuan orang tua di Inggris akan menghabiskan hari ini dan sepanjang minggu sendirian, tanpa siapa pun yang bisa dibagi kalimat-kalimat sederhana," sambungnya lagi.

Melalui kemasan tersebut, Cadbury tidak hanya mendorong orang untuk menyapa orang lain dan peduli sekitarnya sebagai upaya menangani krisis kesepian. Selain itu, 30 penny dari setiap bungkus cokelat yang terjual akan didonasikan bagi Age UK. (Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.