Mengenal Montreux, Kota Favorit Freddie Mercury yang Indah dan Damai

Oleh Henry Hens pada 05 Sep 2019, 22:03 WIB
Diperbarui 07 Sep 2019, 10:14 WIB
Montreux

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara para penggemar Freddie Mercury mengenang idola mereka adalah mengunjungi patungnya yang ikonik. Patung tersebut berada di pinggir danau Jenewa di kota Montreux, Swiss.

Danau Jenewa yang cantik termasuk salah satu ikon negara Swiss. Dengan luas sekitar 580 meter persegi, danau ini tak hanya dikelilingi kota Jenewa saja. Montreux adalah nama kota lainnya yang berada di tepi danau tersebut.

Dilansir dari Montreuxriviera dan National Post, kota kecil yang berpenduduk kurang dari 200 ribu jiwa ini telah lama dikenal sebagai kota wisata dengan pemandangannya yang indah.

Tentu ada alasan tersendiri kenapa patung Freddie berada di kota kecil tersebut?  Vokalis band legendaries Queen ini memang lahir di Inggris dan berdarah Zanzibar (Tanzania) dan India.

Itu karena, Freddie bersama para personel Queen jatuh cinta pada keindahan Montreux dan Danau Jenewa, sejak mereka rekaman album Jazz dan mengisi konser Montreux Jazz Festival pada 1978. Mereka, terutama Freddie, pernah beberapa kali mengunjungi Montreux. Bahkan album terakhir Queen bersama Freddie direkam di kota ini.

Pria kelahiran 5 September 1946 ini dalam keadaan sakit parah karena terkena virus HIV/AIDS. Namun Freddie bersikeras menyelesaikan album Made in Heaven yang dirilis pada 1995, empat tahun setelah kematiannya.

2 of 4

Studio Rekaman Queen

Montreux
Pemandangan di Montreux, Swiss. (dok.Instagram @visitmontreux/https://www.instagram.com/p/B2BqnbFCOyM/Henry)

Freddie sengaja memilih sebuah studio musik di Montreux karena ia merasa tenang dan nyaman di tempat tersebut. Kalimat pujian Freddie untuk kota tersebut yang sangat terkenal adalah, "Kalau kau ingin kedamaian, datanglah ke Montreux".

Karena kecintaannya yang besar pada Montreux, pemerintah setempat memutuskan untuk membuat patung Freddie di kota tersebut pada 1996.  Patung itu berlokasi di Place du Marche 1820, Montreux, Swiss. Patung tersebut dibuat oleh seniman Irena Sedlecka dengan tinggi mencapai 3 meter.

Bukan itu saja, setiap akhir pekan di minggu pertama September digelar event khusus untuk Freddie. Hal tersebut dilakukan sejak 2003 silam. Mereka biasanya menggelar konser serta workshop bertema 'Mercury's Montreux Celebration Days'.

Ada juga Casino Barriere de Montreux di mana terdapat Queen The Studio Experience yang merupakan tempat rekaman album Made in Heaven.

Di tempat ini Anda bisa melihat memorabilia Queen dari album-album sampai kostum panggung yang dipakai Freddie. Para penggemar berat Queen dan Freddie Mercury tentu tak akan melewatkan tempat yang satu ini.

3 of 4

Liburan Keluarga

Montreux
Pemandangan di Montreux, Swiss. (dok.Instagram @visitmontreux/https://www.instagram.com/p/BiUS1l_FBhw/Henry

Tentunya tak hanya patung Freddie Mercury dan museum Queen serta Danau Jenewa, di Momtreux kita juga bisa melihat Pegunungan Alpen yang bisa terlihat langsung dari jendela kamar hotel.

Montreux juga cocok untuk liburan keluarga karena ada banyak aktivitas seperti menyusuri danau, melihat kastil, menonton festival, keliling kebun anggur, atau hanya bersantai di promenade tepi danau.

Festival terkenal yang digelar di kota ini di antaranya Montreux Jazz Festival yang diadakan pada Juli setiap tahunnya. Karena itu Montreuz juga disebut-sebut sebagai kota jazz dunia. Lalu ada Christmas Market dan The Montreux Comedy Festival pada Desember.

Sepanjang Kota Montreux terpampang beberapa bangunan kuno yang indah dan sudah berusia ratusan tahun, seperti puri Chatelard Castle, Hotel Montreux Palace, dan lain-lain.

Seperti kata Freddie Mercury, menelusuri jalan utama, di kota ini menghadirkan sensasi tenang dan damai, selayaknya sebuah kota tempat istirahat keluar dari kesibukan rutin keseharian.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by