Sukses

Mengenal Virgin Coconut Oil dari Wakatobi yang Kaya Manfaat

Produk virgin coconut oil yang memiliki ragam manfaat ini berasal dari Wakatobi, salah satu pula eksotis penghasil kelapa terbaik di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakatobi tak melulu dikenal sebagai pulau cantik nan eksotik yang menarik banyak wisatawan. Terletak di Sulawesi Tenggara, pulau ini juga menjadi salah satu lokasi penghasil kelapa terbaik di Indonesia.

Salah satu hasil dari kelapa Wakatobi berupa produk Virgin Coconut Oil (VCO) bernama Coco Waka. Produk ini diproduksi menggunakan santan segar dari kelapa murni.

"Coco Waka 100 persen terbuat dari pure coconut oil, di mana kelapa murni dimasak di atas kayu bakar dan kayunya memakai kayu kelapa," kata Joseph, Sales and Marketing Manager Coco Waka saat ditemui di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2019.

Joseph melanjutkan, produk ini tanpa enzim, tanpa bahan tambahan seperti getah pepaya, ragi, cuka, serta tanpa bahan kimia. Selain itu, tidak ada pula fermentasi dan bahan pengawet.

"Visi kita ingin membangun produk lokal masuk ke pasar dunia. Jepang dan Korea sangat berminat, Australia juga sudah mulai. Selain itu kita juga ingin mendukung pemerintah dari sisi usaha lokal," tuturnya.

Ada pun misi Coco Waka sendiri adalah membantu kesejahteraan warga Wakatobi dan mengembangkan produk UKM. Produksi yang turut melibatkan warga Wakatobi ini juga baru diluncurkan pada 19 Agustus 2019.

"Untuk ke BPOM kita sedang proses dan juga sudah mengajukan HAKI atau hak cipta yang juga sudah proses," ungkap Joseph.

Sebagai salah satu penghasil kelapa terbaik di Indonesia, Wakatobi didukung dengan wilayah pesisir. Di sana, penduduknya banyak memiliki mata pencaharian menanam kelapa atau menjadi nelayan.

"Satu liter botol (VCO) dihasilkan dari setengah butir kelapa. Proses pembuatannya dibuat lebih lunak setelah itu diparut, dikukus, sebelum proses pembuatan VCO," kata Delvi Alksari, Brand Ambassador Coco Waka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Virgin Coconut Oil Kaya Manfaat

Dibuat dengan bahan-bahan alami, produk Virgin Coconut Oil dari Coco Waka hadir dengan beragam manfaat. Tidak hanya soal urusan makanan, tetapi juga untuk beragam hal dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk menyehatkan kulit, meningkatkan kadar kolesterol bagus, menurunkan berat badan, menekan nafsu makan, membantu membersihkan gigi, menghilangkan bau mulut, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi masalah pencernaa," jelas Joseph.

Untuk makanan sendiri, VCO dapat membuat makanan dan minuman lebih gurih dan kaya rasa, membantu tekstur pada makanan lebih baik, menekan biaya produksi makanan dan minuman untuk industri horeka hingga merangsang aroma makanan.

Kegunaan VCO bagi kecantikan juga tak kalah beragam. "Mengobati jerawat, jadi moisturizer, menghapus makeup, membantu kesuburan rambut, relaksasi saat mandi berendam, menghilangkan stretch mark juga noda hitam pada kulit," tambah Joseph.

Sedangkan manfaat untuk perabot mulai dari pembersih alat rumah tangga seperti tempat cuci piring, pembersih noda pada bahan metal, hingga pelumas pada rantai kendaraan.

Ada dua ukuran untuk Coco Waka, yakni 330 ml yang dijual seharga Rp80 ribu. Sedangkan untuk 750 ml dijual seharga Rp150 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.