Sukses

Ma Qirui, Sosok Putri Duyung Bernyanyi dari Tiongkok yang Jadi Viral

Sosok putri duyung seolah menjelma pada diri Ma Qirui, seorang model perempuan Tiongkok, yang awalnya tak bisa berenang sama sekali.

Liputan6.com, Jakarta – Sosok putri duyung seolah menjelma pada diri Ma Qirui. Perempuan berusia 32 tahun asal Tiongkok itu menarik perhatian lantaran videonya yang sedang bernyanyi di bawah air banyak tersebar di dunia maya.

Kisahnya diangkat media asal China, South China Morning Post, dalam sebuah tayangan video berdurasi 3 menit 42 detik dan diunggah ke media sosial berbagi video pada 30 Agustus 2019. Dalam video itu, mulut Ma Qirui komat-kamit mengikuti iringan lagu seolah-olah sedang bernyanyi.

Faktanya, suara itu merupakan hasil sulih suara. Ia sengaja membuat video tersebut untuk mempromosikan fotografi bawah air yang dinilainya terlambat berkembang di negeri Tirai Bambu.

"Saya harap usaha saya bisa membantu mempromosikannya," kata dia.

Usaha keras dilakukan Ma Qirui agar bisa terampil berpose di bawah air. Ia harus menaklukkan ketakutan pada air dan ketidakmampuannya berenang. Barulah ia berlatih menahan napas di dalam air.

Dari hanya dalam lima detik, perempuan yang sering berpose mengenakan baju tradisional perempuan Tiongkok itu kini bisa menahan napas hingga lebih dari dua menit di bawah air. Ia pun harus bertahan agar matanya tak berkedip terlalu sering walau sebenarnya perih.

Keterampilannya sebagai putri duyung makin terasah dengan berpose dalam beragam gaya seolah melayang di dalam air. Hingga kini, ia tak hanya jago bergaya tetapi juga menyanyi di dalam air.

"Saya tidak berharap orang menyukai nyanyian bawah air saya, saya hanya ingin menunjukkan bahwa saya dapat mengatasi ketakutan saya berada di bawah air," ujar Ma Qirui dalam wawancaranya di Asian Edition, South China Morning.

Saat ini, sang 'putri duyung' sudah menghabiskan enam tahun berkecimpung di dunia fotografi dan permodelan bawah air.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Karir

Pose-pose menawan Ma Qirui tak lepas dari ketenangannya saat di bawah air. Ia menyebut ketidakmampuannya melihat dengan jelas, membuatnya tak peduli dengan pandangan fotografer. Hal itu berbeda dari pemotretan konvensional.

Ma Qirui mengawali karir fotografi bawah air bukanlah sebagai model, melainkan sebagai fotografer pada 2012. Dilansir laman China Daily, ia menghabiskan uang hingga 200 juta yuan untuk membuka studio fotografi bawah airnya pada Desember 2014.

Perempuan yang kerap dijuluki fotografer bawah air paling cantik di China pada 2015 oleh warganet ini, sangat lihai dalam pengambilan gambar di dalam air. Beberapa hasil pemotretannya kerap diunggah di Pinterest dengan nama akun @qiruim.

Ma Qirui yakin usahanya bisa menjadi langkah kecil untuk mengembangkan karier ini di China dan negara-negara lainnya. Ia juga berharap, promosinya dalam fotografi bawah air ini bisa mematahkan pandangan tidak mungkin dari orang-orang.  (Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.