Mengenal Meja Konsol, Furnitur Dekoratif Penghidup Suasana Rumah

Oleh Dinny Mutiah pada 02 Sep 2019, 17:03 WIB
Diperbarui 02 Sep 2019, 17:15 WIB
Mengenal Meja Konsol, Furnitur Dekoratif Penghidup Suasana Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda mengetahui apa itu meja konsol? Pada dasarnya, meja konsol memiliki fungsi yang sama dengan jenis meja lainnya, yaitu sebagai alas untuk meletakkan barang dan membuat rumah jadi lebih menawan.

Namun, ada hal lain yang membuat meja konsol berbeda dari biasanya. Dekoruma merangkum deskripsi tentang meja itu dalam lima poin berikut.

Bentuk Fisik Meja Konsol

Secara fisik, meja konsol memiliki ketinggian yang serupa dengan meja pada umumnya. Berdasarkan Living Spaces, rata-rata ketinggian meja konsul berkisar dari 71-81 cm.

Permukaannya cenderung memanjang dengan lebar yang sempit. Desainnya pun beraneka ragam, mulai dari yang sangat minimalis hingga kompleks. Karena inilah, meja konsol cocok diposisikan di semua ruangan selama dibutuhkan.

Fungsi Meja Konsol

Berbeda dengan meja lainnya, meja konsol lebih sering digunakan sebagai media display dekorasi rumah dan menjadi daya tarik utama dalam ruangan. Pemakaiannya harus disesuaikan dengan fungsi ruangan.

Apabila diletakkan di ruang keluarga, Anda bisa menaruh beberapa foto keluarga dengan pigura kecil hingga sedang, didampingi lampu meja dengan bentuk unik.

Untuk di area foyer atau area transisi antara teras dan ruang tamu, meja konsol bisa untuk meletakkan dekorasi seperti miniatur dari berbagai tempat wisata. Bisa juga sebagai tempat meletakkan kunci rumah atau kendaraan, surat, hingga beberapa barang lain yang sering Anda gunakan setiap harinya.

2 of 3

Peletakan Meja Konsol

Mengenal Meja Konsol, Furnitur Dekoratif Penghidup Suasana Rumah
Ilustrasi meja konsol. (dok. Dekoruma/Liputan6.com)

Secara penyebutan, meja ini akan disebut meja konsol apabila diletakkan di sebelah dinding, dan disebut meja sofa apabila diposisikan di belakang sofa. Biasanya, meja konsol berada di area foyer. Bisa juga diposisikan di ruangan lain dalam rumah.

Namun, perlu diperhatikan apabila meja konsol disandingkan dengan furnitur lainnya. Jangan sampai meja konsol berukuran terlalu besar dan mengalahkan eksistensi furnitur-furnitur di sampingnya.

Dimensi meja konsol juga harus disesuaikan dengan luas ruangan juga. Jangan sampai besaran meja konsol mengganggu aktivitas yang dilakukan di area tersebut.

Tidak Wajib Ada di Rumah

Jika meja makan dan meja keluarga merupakan furnitur wajib yang harus ada di rumah, meja konsol termasuk furnitur opsional. Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai pemanis dalam ruang dan menambah tempat penyimpanan.

Fungsi meja konsol akan makin maksimal apabila Anda memilih modelnya yang berlaci. Selain lebih aman, barang-barang kecil yang sering digunakan pun akan tersimpan dengan baik.

Jika sudah terlanjur membeli yang tanpa laci, Anda bisa menaruh keranjang dekoratif di bawah meja sebagai area penyimpanan tambahan.

Tidak untuk Meletakkan Barang Berat

Meski meja konsol terbuat dari material yang apik dan berdaya tahan baik, meja konsol tidak cocok digunakan untuk meletakkan benda-benda berat dan dalam jumlah banyak.

Hal ini akan membuat alas meja jadi turun dan melengkung ke bawah. Estetika meja konsol pun akan menurun dan suasana ruangan jadi tidak nyaman.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓