Sukses

Tips Wisata Halal di Singapura Berdasarkan 4 Karakter Traveler

Banyaknya destinasi wisata yang dapat dikunjungi, membuat Singapore menjadi tujuan liburan berbagai tipe atau karakter traveler Tanah Air, termasuk para muslim traveler.

Liputan6.com, Jakarta Singapura merupakan salah satu tujuan favorit traveler Indonesia untuk berlibur. Banyaknya destinasi wisata yang dapat dikunjungi membuat negara yang terkenal bersih, modern, rapi dan tertib ini cocok menjadi tujuan liburan berbagai tipe atau karakter traveler Tanah Air, termasuk para muslim traveler.

Umumnya pertimbangan utama  bagi muslim traveler dalam memilih destinasi liburan adalah ketersediaan makanan halal atau restoran bersertifikat halal, ketersediaan tempat ibadah yang memadai, menawarkan keamanan dan kenyamanan muslim traveler untuk jalan-jalan dan liburan. Meskipun di Singapura kaum muslim termasuk minoritas, namun Singapura begitu menghargai siapa saja yang tengah menikmati liburan. Terbukti negeri Singa Putih meraih penghargaan Global Muslim Travel Index. 

Berikut tips dan itinerary wisata halal di Singapura berdasarkan 4 karakter traveler Dini Fitria, Indah Nada, Cleresta Haniya Rambe, dan Rizka Amalia. 

1. Wisata bareng keluarga

Singapura memiliki deretan wisata keluarga yang tak ada habisnya. Selalu saja ada atraksi baru di setiap destinasinya. Sentosa Island dengan destinas andalannya Universal Studios Singapore dan SEA Aquarium. Mengenal beragam satwa dan edukasi, Anda bisa mengajak keluarga mengunjungi Singapore Zoo, Jurong Bird Park, dan River Safari Singapore. Taman seru dengan berbagai permainan outbound di Far East Organization Children’s Garden dan Jacob Ballas Children’s Garden.

Wisata edukasi anak menarik adalah Museum Arts and Science Singapore yang  terletak di Marina Bay Sands, Singapura. Art Science Museum yang bangunannya terinspirasi dari bunga teratai ini menampilkan eksplorasi kreatif dalam kesenian, sains, teknologi dan budaya, serta peran masing-masing dalam membentuk masyarakat.

Dini Fitria mengajak kamu untuk mengunjungi Art Science Museum. Di sini terdapat Floating Utopias sebuah pameran yang menampilkan sejarah benda tiup selama beberapa dekade digunakan dalam seni, arsitektur dan aktivisme. Kemudian ada Wonderland, sebuah pameran yang menampilkan perjalanan Alice Wonderland melalui budaya populer dan mengundang anda melakukan perjalanan melalui kaca.

Menggunakan set teater yang besar, interaktif dan kaya dengan karya seni audio visual. Ada juga Future World, tempat seni bertemu sains. Kamu akan diajak memasuki dunia karya seni futuristik dan interaktif berteknologi tinggi. Tenggelam dalam dunia seni, sains, sihir dan metafora melalui koleksi digital mutakhir. 

2. Buat para petualang

Singapura juga memiliki deretan destinasi menarik untuk para petualang muslim traveler. Garden by the Bay adalah pilihan utama. Sebagai taman nasional untuk warga lokal maupun turis mancanegara, Gardens by the Bay memamerkan seni taman dengan aneka koleksi flora.

Tempat wisata ini menawarkan liburan yang tak hanya menghibur dan menenangkan, tetapi juga sekaligus mengedukasi. Gardens by the Bay terdiri dari beberapa area gratis maupun berbayar. Beberapa atraksi Gardens by the Bay dan aktivitas yang menarik antara lain Flower Dome, Cloud Forest, Supertree Grove, Piknik dan family time di Bay East Garden.

Dini Fitria sangat merekomendasikan destinasi ini hal ini dikarenakan Garden By The Bay, tidak hanya memikat di siang hari, tetapi juga di malam hari hingga malam hari. Menangkap matahari terbenam dan menunggu taman yang dihiasi oleh cahaya malam juga merupakan daya tarik lain dari Garden By The Bay.

Selain Garden By The Bay, Dini juga merekomendasikan destinasi budaya dan sejarah di Chinatown. Lalu, Malay Heritage Centre yang menjadi Pusat Warisan Melayu ini berlokasi dekat Masjid Sultan. Kemudian ada Singapore Botanic Garden,  taman tropis berusia 158 tahun yang terletak di pinggiran Orchard Road Shopping District Singapura. 

Dan The National Orchid Gardens, salah satu taman paling menarik di dalam Singapore Botanic Gardens, menampung anggrek seperti Elton John, Jackie Chan dan bahkan puteri Diana dan Nelson Mandella.

Sementara itu, rekomendasi dari Rizky Amalia yang pertama adalah Rainforest Lumina di Singapore Zoo. Rainforest Lumina memadukan pemandangan suara dan aroma dengan teknologi dan tata cahaya, visual, audio terkini.

Para pengunjung dapat menantikan satu pengalaman audio visual nan memikat yang digelar di dalam Singapore Zoo dengan 10 zona interaktif. Menggabungkan kisah dan penataan tempat, Rainforest Lumina akan menampilkan naratif khusus tempat para pengunjung akan bertemu dengan sekelompok pahlawan unik yang akan membawa kamu menelusuri pengalaman magis tiada duanya.

Selanjutnya Rizky juga mengajak untuk menikmati kembang api terbaik Marina Bay. Marina Bay adalah kawasan terbaik untuk melihat kembang api di ketika National Day Parade. Tempat lain untuk menangkan kembang ini adalah Bay East Garden dari Garden By The Bay. Di Helix Bridge dan Benjamin Sheares Bridge serta The Lawn dari Marina Bay. 

Ingin bersantai namun tetap merasakan petualangan yang seru? Indah Nada mengajak kamu untuk mengunjungi Singapore Flyer, ini adalah observatorium berbentuk roda tertinggi di dunia. Anda bisa melihat pemandangan Singapura dari ketinggian di atas 500 kaki. Bosan di darat, Kamu bisa mencoba menikmati sensasi liburan di atas kapal pesiar terbesar dan terluas di Asia dengan Genting Dream Experience.

Genting Dream menawarkan konsep Dream Bed yang mewah dengan kombinasi matras berkualitas. Bahkan semua komponen tempat tidur dibuat berkonsep eco-friendly. Berbagai fasilitas menarik bisa kamu coba mulai dari Waterslide Park yang menyediakan kolam renang raksasa dengan 6 jacuzzi dan 10 selancaran air, mini golf, rock climbing wall, hingga flying fox setinggi 35 meter!

Di Genting Dream, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni, dan dan menonton aksi musisi. Liburan di atas kapal pesiar Genting Dream semakin seru dan menyenangkan dengan kehadiran pertunjukan kembang api yang disuguhkan dengan Dream Night Party.

3. Shopaholic dan Kolektor

Tidak hanya tempat wisatanya yang menarik, Singapura juga memiliki banyak tempat belanja yang membuat para shopaholic dan kolektor puas. Kamu bisa kunjungi Paris Van Java nya Singapore yaitu Orchard Road. Tanah Abang-nya Singapore yang terletak di Bugis street.

Lalu ada Mustafa Centre dan Chinatown dengan toko-toko penjual pakaian, sepatu, tas, hingga aksesori berkualitas dengan harga murah meriah. Tak ketinggalan juga di Duty Free Store di T Gallery by DFS.

Ketika Cleresta Haniya Rambe berkesempatan liburan 3 hari 2 malam di Singapure, Cleresta memanfaatkan liburan dengan berkunjung ke destinasi belanja di Singapura. Cleresta mengunjungi Orchard Road yang merupakan destinasi belanja ikonik Singapura.

Menampung lebih dari 60 merek desainer lokal mulai dari pakaian, produk kecantikan, kesehatan, cinderamata, makanan hingga perabotan kecil rumah tangga. Tempat ini juga memiliki destinasi yang instagrammable bagi penyuka fotografi.

Di sini juga ada Great Singapore Sale: TGIF! yang setiap hari Jumat dimana para pedagang menjual barang-barang dengan diskon yang menggoda para pengunjung. Pembeli mendapatkan akses penawaran menarik di setiap toko hinggal 80 persen dengan hadiah gratis. Untuk pencari produk kecantikan, kamu dapat mengunjungi Don Don Donki dan Etude House yang menawarkan beragam produk berkualitas.

Menariknya, belanja di Singapura tak hanya bisa dilakukan di kawasan perkotaan lho melainkan juga di bisa Jewel Changi Airport. Terdapat Naise Iconic adalah toko yang menjual produk lokal dengan lebih dari 15 ribu produk dan 600 merek.

Ingin belanja cookies, Cleresta mengunjungi The Cookie Museum yang menciptakan kue-kue terbaik sejak tahun 2004. Kue-kue di tempat ini memiliki rasa yang khas dan siapapun yang memakannya akan merasakan lebih bahagia dan penuh suka cita karena setiap kue memiliki sebuah cerita dan kisah yang unik. 

4. Foodie atau Pecinta Kuliner

Muslim traveler Indonesia tak perlu khawatir soal makanan halal ketika berwisata ke Singapura. Untuk urusan kuliner, Singapura juga memiliki cita rasa kaya yang tersaji mulai di restoran berkelas hingga jajanan pinggir jalan. Berikut beberapa rekomendasi kuliner dari Travel Addict, Dini Fitria, Cleresta Haniya Rambe, dan Rizka Amalia.

Awali pagi harimu dengan menikmati kuliner Singapore Zoo Breakfast di Singapore Zoo, kuliner dengan nuansa kebun binatang. Kamu bisa mencoba rasanya makan bersama hewan orang utan.

Singapore Zoo menawarkan asyiknya makan di dalam kebun binatang dengan hidangan nikmat internasional. Para pengunjung bisa duduk di restoran yang dekat dengan panggung dimana orang utan turun dari atas pepohonan.

Ada dua tempat makan siang menarik rekomendasi Cleresta yakni di Charlie Brown Cafe yang terletak di kawasan Orchard dan Straits Kitchen di Grand Hyatt Singapore. Charlie Brown adalah kafe yang ramah keluarga karena dihiasi dekorasi penuh kacang, seperti karakter makanan aslinya.

Sementara Straits Kitchen menawarkan prasmanan halal populer yang terdiri dari semua hidangan lokal favorit. Kamu dapat menemukan favorit jajanan Melayu, India, dan Cina semua berkumpul di satu tempat.

Di daerah Kampong Glam, ada restoran Hajah Maimunah Restaurant yang menjajakan makanan melayu tradisional yang menggugah selera. Restoran ini menjajakan berbagai menu hidangan yang lezat dengan bahan ayam, daging sapi atau daging domba, sea food, dan ikan. Bukan hanya makanannya yang menggoyang lidah, tata ruang bangunan restoran pun sengaja dibuat sederhana agar para pengunjung yang datang merasa seperti makan di rumah sendiri.

Untuk makan malam hari, Rizka Amalia mengajak kamu untuk mengunjungi Sentosa Grill Fest yang terletak di Sentosa Siloso Beach. Akhir pekan di tempat ini sungguh seru karena disepanjang pinggir pantai kamu dapat menikmati kuliner lezat.

Ada sekitar 27 perusahaan Food and Beverages (FnB) yang menawarkan berbagai kelezatan menu makanan. Terdapat 6 kios yang berdiri di pantai. Koki menyiapkan aneka masakan, jus, dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Para koki menghadirkan lebih dari 130 menu FnB untuk para tamu yang datang

Untuk malam hari, Cleresta Haniya Rambe menawarkan Dinner at Wanderlost Lounge di Realty Centre 15 Enggar Road. Wanderlost Lounge adalah restoran halal yang tersembunyi tepat di jantung Singapura. Semua minuman di wonderlost terinspirasi dari buku-buku, seperti Charlie and The Factory Chocolate. Di wanderlost, semua minuman dibuat dengan memperhatikan kesehatan yang menjadi prioritas. Beberapa produk sehat yang digunakan adalah sulingan alam, ekstrak,buah buahan, rempah rempah, jus, bumbu dan banyak lagi bahan sehat lainnya.

Selain itu, Cleresta Haniya juga mengajak Anda menikmati durian di Singapura. Dulu penjual durian dikenal dengan "Ah" sesuatu. Seperti Ah Loon, Ah Seng dan Ah Kok. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Anda akan menemukan gelombang baru penjual durian yang menggunakan nama Inggris, modern, dan para lelaki maupun wanita ini secara tentunya memberikan nuansa berbeda. Singapore next generation durian yang bisa dipilih antara lain 99 Old Tress, Durian Story, Spike Empire, dan Bao Jiak.

Sementara itu, Dini Fitria mengajak kamu untuk makan Malam di Satay By The Bay yang terletak nyaman di Gardens By The Bay. Satay By The Bay menawarkan hidangan jajanan yang lezat dan kamu dapat menikmati kelezatan citarasa lokal. Satay By the bay adalah perusahaan pemenang penghargaan yang memadukan keindahan ke dalam lingkungannya yang subur. Kanopi hijau dan ventilasi alami dari tepi laut menambah pesona untuk menikmati kuliner di siang atau malam hari.

Itulah tips - tips wisata halal di Singapura berdasarkan 4 karakter traveler. Tertarik? Cari tanggal yang tepat untuk liburan, cari tiket dan ajak keluarga dan teman-teman untuk mengunjungi Singapura.

 

 

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.