Cerita Akhir Pekan: Pesona Lipstik Para Pesohor Dunia

Oleh Komarudin pada 01 Sep 2019, 08:30 WIB
Kylie Jenner, Zoe Kravitz, Rihanna

Liputan6.com, Jakarta - Lipstik jadi salah satu produk kosmetik yang wajib dimiliki dan dicintai oleh seluruh perempuan di dunia. Penampilan seorang perempuan kurang lengkap jika bibirnya tak diwarnai dengan lipstik, bahkan kebiasaan perempuan memakai lipstik sudah ada sejak zaman Mesir Kuno.

Pentingnya lipstik sebagai salah satu item makeup dijadikan bisnis tersendiri, termasuk oleh para pesohor dunia. Mereka tak mau ketinggalan dengan melebarkan sayapnya pada bisnis kecantikan itu.

Lipstik jadi salah satu andalan, tapi kemudian mereka mengembangkan item makeup yang lain. Bisnis itu yang kemudian membuat mereka tak hanya dikenal sebagai pesohor, tapi juga pengusaha. Produksi mereka laris manis di pasaran.

Namun, itu semua tak lepas dari nama besar mereka dan kekuatan media sosial. Mereka dengan mudah memamerkan produknya lewat Instagram. Saat ini mereka memiliki followers yang sangat besar. Zoe Kravitz, misalnya, memiliki pengikut di Instagram hampir 5 juta, Fenty Beauty punya Rihanna lebih dari 8,2 juta pengikut.

Namun, Kylie Jenner yang paling fantastis. Hingga Sabtu, 31 Agustus 2019, Kylie memiliki followers lebih dari 145 juta. Jumlah tersebut sangat besar dibanding dengan jumlah pengikut pesohor lain di dunia. 

2 of 5

Zoe Kravitz

[Bintang] Zoe Kravitz
Zoe Kravitz sepertinya tampil terlalu seksi di Met Gala 2015 ya. (REX/Shutterstiock/HollywoodLife)

Akhir Agustus 2019 lalu, misalnya, Zoe Kravitz meluncurkan koleksi lipstik bekerja sama dengan YSL Beauty. Ia bukan makeup artis, tapi aktris, model. Ia mendesain enam warna lipstiknya itu.

"Kupikir lipstik warna cerah akan terlihat sangat cantik pada warna kulitmu," ujar Zoe Kravitz seperti dikutip dari Elle, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Koleksi lipstiknya itu ia namakan Wolf Red, sesuai dengan nama saudaranya, Wolf. Selain itu, ia menamakan Lale Red, sesuai dengan nama ibundanya, Lisa Bonet, karena nama panggilannya Lale. Ia menyebut bibir merah itu abadi, seperti Audrey Hepburn, yang tetap awet muda.

Ia menamakan enam potong lipstiknya berdasarkan nama orang-orang yang dicintainya. Ia mendesain Honey's Nude, merah muda yang mengilap dan lembut untuk panggilan ibu baptisnya, Cree Summer, yang akrab disapa Honey Brown.

Sementara Arlene's Nude adalah rona kemerahan dengan kemilau satin. Lipstik itu dinamakan menurut nama neneknya yang memiliki pendekatan riasan yang sangat sederhana. Lain halnya dengan Maris Nude, warna cokelat dengan lapisan matte dinamakan sesuai dengan nama ibu baptisnya yang lain. Rata-rata harga lipstik dibanderol 38 dolar atau setara Rp500 ribu lebih per batang.

"Saya harap (liptsik-liptstik itu) jadi aksen yang bagus untuk membantu orang merasa lebih percaya diri," kata Zoe Kravitz, dikutip dari Vogue, Sabtu, 31 Agustus 2019.

3 of 5

Kylie Jenner

Kylie Jenner
Kylie Jenner (dok. Instagram @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/B0ElLQfn3tq/Putu Elmira)

Sebelumnya, pesohor dunia yang juga meluncurkan kosmetik adalah Kylie Jenner. Ia menamakan usahanya itu Kylie Cosmetics. Dilansir dari kyliecosmetics, Sabtu, 31 Agustus 2019, usahanya itu salah satu merek kecantikan dengan pertumbuhan paling cepat di dunia.

Setelah diluncurkan tiga tahun lalu, Kylie Cosmetics dimasukkan ke dalam peta rias, oleh Kylie yang terkenal "Lip Kit," yang terdiri dari lipstik cair dan lip liner yang cocok untuk menciptakan bibir Kylie yang sempurna.

Sejak bisnisnya diluncurkan, seperti ditulis Econcultancy, Kylie Jenner dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia saat usianya 21 tahun. Ia lebih kaya dari bos Facebook, Mark Zuckerberg, yang dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia pada usia 23 tahun.

Sebagai anggota termuda dari klan Kardashian dan Jenner yang kaya dan idola, ia memiliki keunggulan yang tak perlu dipertanyakan lagi dibandingkan dengan persaingan, yang hanya bisa diimpikan sebagian besar pemilik bisnis lainnya.

Kylie telah membangun mereknya sendiri sebelum menciptakan Kylie Cosmetics. Dorongan finansial yang diberikan publisitas Kardashian, dikombinasikan dengan ketenaran dan kecantikannya telah membuktikan formula pemasaran yang unggul.

Tak seperti kebanyakan perusahaan kecantikan dan kosmetik dengan kehadiran di media sosial, Kylie tak perlu meminta bantuan orang lain ketika mempromosikan produknya. Ia adalah influencer utama, menggunakan wajahnya sendiri untuk menunjukkan rentang rias wajahnya.

Ini kemungkinan menghemat banyak uang yang dibutuhkan banyak orang lain untuk anggaran untuk pengesahan pihak ketiga, dan juga menghilangkan risiko terjebak dalam penipuan influencer.

Ketika ia tak menggunakan wajahnya sendiri, ia beralih ke keluarganya untuk menghasilkan koleksi kolaboratif, salah satunya Kim Kardashian, saudara perempuannya.

4 of 5

Rihanna

Rihanna
Rihanna (Martin BUREAU / AFP)

Brand kecantikan milik Rihanna bernama Fenty Beauty. Kemunculannya pada September 2017, Fenty Beauty sangat mencuri perhatian pecinta makeup di dunia. Pada 26 Januari 2018 lalu dilaporkan, Fenty Beauty menggeser dominasi Kylie Jenner lewat Kylie Cosmetics yang sebelumnya lewat Lip Kit by Kylie telah menjadi fenomena global.

Khusus lipstik, Rihanna tergolong sosok yang selalu menghadirkan inovasi. Ia sempat meluncurkan lipstik hitam. Rihanna memberinya nama Uninvited. Lipstik Uninvited ini memiliki warna paling gelap dari koleksinya yang pernah ada.

Rihanna merilis beberapa warna lipstik lainnya dalam rangkaian Stunna Lip Paint. Di antaranya warna peachy nude, rosy mauve, dan chocolate brown. Semua lipstik terbaru dari Rihanna ini, memiliki tekstur liquid.

Melansir dari Bustle, Rihanna juga meluncurkan lipstik berdasar zodiak baru-baru ini. Rihanna menentukan warna lipstik ideal yang sesuai untuk masing-masing zodiak.

Aries, misalnya, dengan warna merah bold yang diberi nama shade Ma'Damn. Taurus cocok memakai lipstik warna hijau, shade 'Midnight Wasabi', sedangkan Gemini lebih cantik memakai lipstik warna ungu. Harga lipstik tersebut 18 dolar AS atau sekitar Rp255 ribu.

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by