Sukses

Terungkap Catatan Konyol Mantan Presiden Amerika George HW Bush untuk Pegawai Gedung Putih

Catatan yang diungkap ini ternyata terkait anjing peliharaan mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush.

Liputan6.com, Jakarta - Kembali ke 1992 kala Gorge HW Bush menjabat sebagai presiden Amerika Serikat (AS), anjing bernama Ranger menemukan rumah bahagianya di Gedung Putih. Salah satu hewan peliharaan presiden ke-41 AS ini dikenal sengat bersahabat, termasuk dengan pegawai gedung pemerintahan tersebut.

Saking manisnya, para pegawai pun tak bisa menolak memberikannya, baik makanan maupun camilan. Alhasil, Ranger jadi obesitas dan membuat lelaki yang juga sering disebut George Bush Senior ini menuliskan catatan konyol untuk para pegawai Gedung Putih.

Melansir dari Bored Panda, Kamis (29/8/2019), catatan yang terkuak ke tengah publik itu dituliskan pada 6 Februari 1992 dengan subyek "Anjing saya, Ranger". Sebagai awalan, Bush menjelaskan bahwa Ranger tengah menjalani program diet.

Karenanya, secara resmi George HW Bush mengumumkan, jangan ada satu pun pegawai yang memberi makan Ranger. "Kami tidak memberinya (Ranger) biskuit. Kami tidak memberinya makanan dalam bentuk apapun," begitu keterangan yang tertulis di sana.

Ranger juga tak diizinkan berjalan-jalan sendiri tanpa pengawasan. Area terlarangnya mencakup seluruh koridor sayap kanan maupun kiri hingga ke lantai tiga rumah sampai basement sekalipun.

Ranger juga bakal memakai tanda 'Jangan memberi saya makan' bersama kalung namanya. "Saya akan terus mengabarkan proses program diet yang dilakukan Ranger. Kami butuh pertolongan kalian. Tolong bantu," tandas George HW Bush sembari menandatangani catatan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasib Nahas di Ujung Cerita

Kendati catatan tersebut sudah di-notice seluruh karyawan Gedung Putih, sayangnya Ranger berpulang pada 1993 karena mengidap kanker. Obesitas yang diderita juga berkontribusi pada kondisi kesehatannya yang kian menurun.

Saudara lelaki Ranger, Spot, kemudian jadi hewan peliharaan presiden setelah putra George HW Bush, George W. Bush, pindah ke Gedung Putih pada 2001.

Tradisi memelihara anjing bagi presiden Amerika sebenarnya sudah berawal sejak era George Washington. Sebanyak 30 dari total 44 presiden setidaknya memiliki satu anjing sebagai hewan peliharaan.

Presiden Donald Trump jadi yang pertama sejak William McKinley yang tak memiliki anjing atau hewan peliharaan lain di Gedung Putih. Menurut mantan istrinya, Ivana, Trump bukanlah penggemar anjing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.