4 Tips Menguatkan Niat Berolahraga ala Annisa Munaf

Oleh Dinny Mutiah pada 29 Agu 2019, 05:03 WIB
[Fimela] Annisa Munaf

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang sering malas gerak walau sudah berniat berolahraga? Jika Anda salah satunya, sebaiknya menyimak tips yang dibagikan Annisa Munaf, seorang healthy lifestyle enthusiast yang juga instruktur zumba ternama ini.

Ditemui Liputan6.com di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019, perempuan yang sering membagikan tutorial olahraga lewat channel Youtube-nya itu menekankan pentingnya mengenali karakter sendiri sebelum memulai olahraga.

"What is your character? Apa orang yang suka berandai-andai atau beraksi?" katanya.

Langkah selanjutnya adalah memahami alasan malas berolahraga. Bila enggan bergerak lantaran tak memiliki teman, Annisa menyarankan untuk mencari teman untuk berolahraga atau mendekati orang yang memang suka berolahraga.

Tapi bila tak ada masalah berolahraga sendiri, Anda bisa memanfaatkan video-video olahraga yang banyak beredar di media sosial. Anda juga bisa melakukan jenis olahraga yang tak membutuhkan partner, seperti jogging, berenang, atau lari.

"Yang penting stretchingnya benar. Kalau benar, tubuh sudah melakukan pembakaran, walau enggak sebesar output-nya dengan actual workout ya," ujar Annisa.

 

 

2 of 3

Pikir-Pikir Untung Rugi

[Fimela] Annisa Munaf
Annisa Munaf | Foto by Windy Sucipto/Fimela.com

Masih juga enggan bergerak, Annisa menganjurkan Anda memikirkan untung rugi membiarkan kemalasan terus mendominasi. Ia pun menjabarkan sederet manfaat dari rutin bergerak.

"Tulang kuat, stamina juga kuat, daya tahan tubuh terjaga, otak juga jalan karena peredaran darah lancar. Bisa juga kontrol nafsu makan. Sayang kan sejam berkeringat, dirusak begitu saja dengan jajan sembarangan," tuturnya.

Langkah terakhir membangkitkan keinginan adalah memilih jenis olahraga yang disuka. Bila sampai tersiksa menjalaninya, Anda harus berhenti dan cari penggantinya.

"Enggak ngerasain beratnya, malah pengen lagi, pengen lagi," ujarnya.

Setelah rutin berolahraga dan mencapai target yang diharapkan, Anda tetap harus menjaganya. Bagian itulah yang terpenting dari seluruh siklus olahraga.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by