Tips Bersihkan Sayuran Hijau dari Ulat

Oleh Asnida Riani pada 30 Agu 2019, 05:01 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Sebenarnya ulat yang tak sengaja tertelan karena ikut termasak pada sayur tak akan terlalu berdampak negatif pada tubuh. Tapi, pikiran menelan ulat boleh jadi membuat Anda bergidik. Karenanya, memastikan sayuran bebas ulat jadi salah satu syarat sebelum dimasak.

Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, dan brokoli, harus melewati proses pembersihan lebih teliti. Sebagai awalan, seperti dirangkumkan Fimela, Anda bisa membersihkannya dengan air mengalir untuk memudahkan membuang kotoran atau ulat yang menempel.

Selain itu, bisa juga menggunakan larutan garam untuk mengeluarkan ulat dari sayuran. Pertama, siapkan larutan garam untuk merendam sayuran hijau. Kemudian, rendam sayuran selama beberapa menit agar ulatnya keluar dan bisa segera dibersihkan. Setelahnya, bilas hingga bersih.

Sayuran yang sudah direndam air garam dan dibersihkan perlu segera diolah. Karena jika dibiarkan atau disimpan kembali, dikhawatirkan nanti sayuran hijau malah gampang busuk. Jadi, begitu selesai direndam air garam, sayuran perlu langsung dimasak

Bila ingin memastikan sayuran bebas dari kotoran dan residu pestisida, Anda bisa menggunakan larutan baking soda atau cuka. Siapkan baskom berisi air, lalu tambahkan 1 sdm baking soda. Rendam sayuran sekitar 10 menit, lalu bilas hingga kotorannya benar-benar luruh.

Bisa juga merendam sayuran hijau ke dalam baskom berisi air yang ditambah dengan sedikit cuka. Hanya saja mungkin rasa sayuran akan sedikit berubah setelah selesai direndam. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by