Sukses

Ketagihan Nikmatnya Sambal Raja Kutai

Dengan menyiapkan bahan-bahan yang mudah didapat, sambal raja kutai ternyata juga bisa Anda buat sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Di samping budaya turun-temurun, seperti banyak wilayah lain di Indonesia, kawasan Kutai Kartanegara juga kaya akan kuliner khas. Salah satu yang selalu menggoda untuk dicicipi adalah sambal raja kutai.

Melansir dari situs Visiting Kutai Kartanegara, Rabu, 28 Agustus 2019, sambal ini biasanya disajikan dengan telur rebus, kacang panjang, dan terong goreng. Karenanya, tak hanya rasa pedas yang didapat, tapi juga ragam tekstur dalam sekali gigit. Aroma segar jeruk nipis pun jadi ciri utama sambal raja kutai.

Hidangan ini biasanya dikombinasikan bersama ragam sajian lain, seperti ikan goreng, ayam goreng, dan tempe goreng. Konon cerita, pada zaman Kerajaan Kutai dulu, sambal ini dibuat sebagai pendamping nasi bekepor dan hanya bisa dinikmati para raja.

Tapi, sekarang Anda tak perlu jadi raja hanya untuk menikmati kuliner satu ini. Sambal raja kutai sekarang bisa ditemui di banyak restoran di wilayah Kutai Kartanegara.

Bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan membuat sambal raja kutai pun jadi salah satu kuliner rumahan yang sangat mungkin dibuat sendiri. Mau coba buat sendiri?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep Sambal Raja Kutai

Bahan-bahan:

3 sdm minyak sayur

5 helai kacang panjang, potong 2 cm

1 buah terong ungu, potong dadu 1 cm

10 butir bawang merah, belah 4

2 butir telur ayam, rebus, kupas, cincang

Bumbu:

10 buah cabai merah besar

10 buah cabai tiung (rawit)

1 buah jeruk cina (limau kasturi, lemon cui)

Secukupnya terasi, garam, dan gula

 

Langkah Pembuatan:

Langkah 1

Goreng kacang panjang, terong, dan bawang merah sebentar dengan minyak panas. Angkat dan tiriskan.

Langkah 2

Haluskan cabai, terasi, garam, dan gula. Bubuhi sambal dengan perasan jeruk cina. Tumis sambal dengan minyak sayur. Rajang halus kulit jeruk cina, campurkan ke dalam sambal.

Langkah 3

Taruh sambal di tengah cobek, dikelilingi oleh telur rebus, bawang, terong, dan kacang panjang. Sambal raja kutai siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.