Segarnya Kebun Hidroponik di Rumah Memes, Hijau di Mana-Mana

Oleh Putu Elmira pada 28 Agu 2019, 06:01 WIB
Diperbarui 28 Agu 2019, 06:01 WIB
Memes
Perbesar
Memes menekuni urban farming lewat hidroponik. (dok. Instagram @memes605/https://www.instagram.com/p/B1jGp25n6ds/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Memes memiliki kegiatan menarik selain bergelut dengan kesibukan di dunia keartisan. Istri musisi Addie MS ini mulai menekuni berkebun hidroponik, budidaya menanam dengan air dan tanpa memakai tanah.

Memes membagikan aktivitasnya berkebun hidroponik di rumah lewat video singkat yang dibagikan lewat akun Instagram pribadi @memes605. Kegiatan ini juga biasa disebut urban farming.

"Halo apa kabar? Hari ini mau memanen bayam hidroponik tanaman yang sudah ditanam di dalam unit selama 1 bulan 9 hari." jelas ibu dua anak ini sambil menunjukkan sayur bayam yang siap panen.

Ketertarikan Memes untuk berkebun hidroponik berawal dari kehidupan di kota besar yang memberikan keterbatasn lahan. Hal ini mendorongnya berpikir cara efektif untuk menanam sayur di rumah sendiri.

Penyanyi berusia 54 tahun tersebut tidak dapat menutupi antusiasmenya dapat memanen sayur bayam yang siap untuk dimasak. "Akhirnya saya bisa juga menjadi petani kota," tambahnya.

Setelah selesai memasak sayur bayam hasil panen, Memes pun menyantap sajian tersebut. Di meja makan terlihat semangkuk sayur bayam lengkap dengan potongan jagung.

Ia tidak hanya berbagi cerita dan pengalamannya belajar menjadi petani kota. Dalam unggahan selanjutnya, ia membagikan potret dengan bayam yang telah dipanen.

Memes juga berbagi manfaat berkebun hidroponik di rumah dalam keterangan potret. Salah satu yang paling menonjol dari cara berkebun ini adalah menanam tanpa memerlukan tanah.

"Ini sangat ideal untuk pertumbuhan, urbanisasi populasi global, hasil panen bisa 10 kali lebih banyak daripada dari pertanian ladang terbuka, airnya bisa didaur ulang," tulis Memes.

2 dari 3 halaman

Berkebun Hidroponik

Memes
Perbesar
Memes menekuni urban farming lewat hidroponik. (dok. Instagram @memes605/https://www.instagram.com/p/B1jGp25n6ds/Putu Elmira)

Manfaat lain dari hidroponik adalah menanam dapat dilakukan di mana saja dari gedung pencakar langit hingga kontainer kargo. Tak ketinggalan, produksi lokal mengurangi food miles dan biaya transportasi.

Berdasarkan penjelasan di YouTube Memes Adisaputra, ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk memulai menanam hidroponik. Dua alat yang paling penting dalam hidroponik adalah pH meter untuk melihat keasaman atau kebasaan air. Alat ini yang menentukan air bisa dipakai atau tidak untuk menanam.

Alat penting selanjutnya adalah TDS meter yang berfungsi untuk mengecek nutrisi yang ada di dalam cairan hidroponik. Alat lain adalah timer untuk mematikan dan menyalakan air, baki, bibit-bibit tanaman, net pot, busa, gunting, gelas untuk memberi air, rockwool, dan nutrisi hidroponik A dan B.

Perlu diketahui, rockwool merupakan media hidup tanaman yang sangat baik menyerap air. Alat ini terbuat dari batu yang dihancurkan dan dijadikan seperti benang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓