Sukses

Mengintip Pesona Destinasi Wisata di Kutai Kartanegara

Kutai Kartanegara memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari museum, wisata alam, dan pulau.

Liputan6.com, Jakarta - Nama  sebuah kabupaten di Kalimantan Timur menjadi sorotan. Tak hanya di Indonesia, tapi di dunia. Hal tersebut terjadi usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara akan menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.

Terlepas dari pemindahan ibu kota itu, Kutai Kartanegara memiliki sejumlah destinasi wisata menarik. Mulai dari museum, wisata alam, dan lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa destinasi wisata yang berada di Kutai Kartanegara.

Museum Mulawarman

Sebelumnya, bangunan ini Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara yang didirikan pada 1932 oleh Pemerintah Belanda dan menyerahkan Keraton kepada Sultan Adji Muhammad Parikesit pada 1935. Bahan bangunannya didominasi oleh beton mulai dari ruang bawah tanah, lantai, dinding, penyekat hingga atap.

Pengunjung dapat melihat beraneka macam koleksi benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara, benda-benda budaya dari daerah Kutai, koleksi keramik kuno, koleksi uang kuno. Di bagian halaman depan museum terdapat duplikat patung Lembuswana yang merupakan lambang Kerajaan Kutai Kartanegara.

Monumen Pancasila

Moumen Pancasila terletak di pusat kota Tenggarong, tepat didepan Keraton Sultan Kutai dan Masjid Agung Sultan Sulaiman. Di sekeliling monumen terdapat relief yang menggambarkan sejarah perjalanan Kutai Kartanegara semenjak zaman kerajaan hingga di era pembangunan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Alam Bukit Bengkirai

Wisata Alam Bukit Bangkirai

Bukit ini merupakan kawasan wisata alam dan petualangan yang terletak di Kecamatan Samboja, sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan dan 150 km dari Samarinda/Tenggarong. Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat melakukan penelitian alam dan kehutanan yang telah dilengkapi dengan fasilitas lamin untuk pertemuan, restoran, serta cottage.

Pulau Kumala

Pulau seluas 76 salah satu obyek wisata andalan kota Tenggarong yang terletak di tengah-tengah sungai Mahakam. Pengunjung dapat menikmati kereta api keliling pulau, Sky Tower di mana para pengunjung dapat menikmati panorama kota Tenggarong dari ketinggian 75 meter dan kereta gantung yang menghubungkan Tenggarong seberang dengan Pulau Kumala.

Muara Kaman

Tempat ini  bekas pusat pemerintahan Kerajaan Kutai Martadipura yang terkenal dengan raja Mulawarman. Di Desa Brubus yang terletak sekitar 48 mil dari kota Tenggarong, masih dapat dijumpai sisa-sisa peninggalan kerajaan Hindu tertua di Indonesia tersebut seperti batu kepala babi, lesong batu, kubu-kubu kuno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.