Dengkuran Suami Bisa Bahayakan Keutuhan Pernikahan

Oleh Asnida Riani pada 27 Agu 2019, 03:03 WIB
[Fimela] Ilustrasi Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Orang acap kali tak sadar dirinya mendengkur dalam tidur. Karenanya, mereka bukan sengaja mengganggu orang yang tidur di sekitar. Kendati demikian, hal dianggap sepele ini nyatanya menyimpan bahaya besar terhadap pernikahan.

Fimela merangkumkan, sebuah penelitian tahun 2008 yang dilakukan Sleep Disorders Center di Rush University Medical Center menemukan, seorang suami yang mendengkur atau mengalami masalah apnea tidur bisa mengancam keutuhan pernikahan.

Dikatakan penulis penelitian Rosalind Cartwright dalam rilis, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur di antara kedua pasangan membuat pernikahan jadi tegang dan menciptakan suasana tidak bersahabat.

Hal ini terutama dipicu oleh kurang tidur yang dialami istri sehingga membuatnya lebih sensitif menghadapi suami. Istri akan merasa suaminya menjengkelkan karena mendengkur saat tidur, sedangkan ia juga butuh tidur.

Diungkapkan Cartwright, ketika pasangan suami-istri menjalani perawatan mendengkur selama dua minggu sehingga intensitas mendengkur berkurang, nilai kepuasan pernikahan meningkat sebesar 93 persen. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓