Sukses

Rangkul Kalangan Disabilitas, Barbie Luncurkan Boneka Berkursi Roda

Barbie yang selama ini dikenal sebagai boneka yang menggambarkan wanita berambut pirang dengan tubuh normal, kini ditambah variasinya dengan dibuat versi disabilitas. Seperti apa wujudnya?

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda mendengar kata ‘Barbie’, mungkin yang terlintas dipikiran Anda adalah boneka wanita dengan wajah cantik, rambut panjang dan badan ramping yang biasa dimainkan oleh anak kecil. Kali ini, perusahaan boneka asal Amerika Serikat meluncurkan produk yang lain dari biasanya.

Dilansir dari The Independent, 26 Agustus 2019, Barbie berkolaborasi dengan Izzy Wheels, perusahaan kursi roda dari Dublin, mereka mengeluarkan penutup roda di kursi roda dengan motif yang ceria dan juga boneka barbie yang menggunakannya.

Perusahaan ini didirikan oleh dua bersaudara Ailbhe dan Izzy Keane yang terinspirasi langsung dari Izzy yang dilahirkan lumpuh dari pinggang ke bawah. Ailbhe melihat orang-orang kerap memandang adiknya hanya sebagai orang disabilitas dan tidak memperhatikan kepribadiannya.

"Misi kami adalah menghilangkan stigma buruk terhadap pengguna kursi roda dan membuat mereka dapat mengekspresikan kepribadian mereka. Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kursi roda bukan hanya sebagai alat bantu medis, tapi sebagai seni ekspresi diri yang artistik," ungkap Ailbhe.

Desain yang dibuat oleh perusahaan yang sudah berdiri sejak 2015 ini memang penuh warna dan menggambarkan keceriaan. Hal ini disinyalir dapat membuat orang lebih ramah terhadap penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Barbie Penyandang Disabilitas Pertama

Setelah selama ini digambarkan sebagai sosok wanita yang sempurna, dengan kerja sama ini Barbie mengeluarkan boneka dengan disabilitas untuk pertama kalinya.

Edisi ini diluncurkan untuk koleksi musim gugur 2019. Tak hanya boneka dengan kursi roda, Barbie juga mengeluarkan koleksi boneka dengan pengguna anggota tubuh palsu.

"Memiliki Barbie yang menggunakan kursi roda akan menjadi sangat berarti bagiku. Kini, anak-anak dengan disabilitas dapat bermain boneka yang merepresentasikan diri mereka," ujar Izzy.

Produk penutup roda The Barbie x Izzy Wheels dapat dibeli mulai 28 Agustus pada laman resmi Izzy Wheels. Penutup kursi roda ini dibanderol dengan harga 124 euro atau setara dengan Rp1,9 juta dan 6 euro atau setara dengan Rp95 ribu untuk ukuran barbie.

Sedangkan, boneka barbienya sendiri sudah dapat dibeli pada laman resmi Barbie, harga yang ditawarkan adalah 19,99 dolar Amerika atau setara dengan Rp284 ribu. Sebelumnya, Barbie juga telah menambah variasi boneka dengan berbagai etnis, warna kulit, dan pekerjaan.

(Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.