Sukses

Tips Memilih Kayu Manis untuk Campuran Minuman dan Aroma Kue

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memilih kayu manis batangan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kayu manis salah satu rempah yang bisa digunakan untuk menambah aroma pada minuman dan makanan. Kayu manis juga sumber potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi.

Memilih kayu manis yang tepat sangat penting untuk memastikan kita bisa mendapat manfaat terbaiknya saat mengonsumsinya. Seperti ditulis Fimela.com, ada tiga tips yang perlu diperhatikan saat memilih kayu manis. 

Batangnya Lurus

Periksa juga keutuhan batang kayu manis. Hindari kayu manis yang berlubang atau bernoda hitam. Sangat disarankan untuk memilih kayu manis yang batangnya lurus. 

Pilih yang teksturnya masih cukup keras dan kering. Bukan yang sudah melempem atau rapuh. Kayu manis batangan yang kering bisa tahan lebih lama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warna Kuning Kemerahan

Pilih kayu manis yang warnanya kuning kemerahan dan sebaiknya hindari  kayu manis yang bernoda hitam. Kayu manis dengan warna kuning kemerahan ini diyakini memiliki kandungan minyak yang lebih banyak.

Selain itu, aromanya juga lebih kuat semerbak yang bisa digunakan untuk campuran minuman seperti teh bisa membuat aroma teh makin kuat.

Aroma Manis Sedikit Pedas

Periksa aroma dan bau kayu manis yang akan kita beli dengan menajamkan indra penciuman. Sebaiknya, pilih yang memiliki aroma manis dan agak pedas. Kayu manis yang masih segar memiliki aroma yang masih semerbak.

Kayu manis batangan tetap menjadi primadona untuk aneka olahan, termasuk untuk minuman. Meskipun saat ini sudah ada kayu manis bubuk yang bisa diolah untuk memenuhi berbagai kebutuhan memasak.  (Endah Wijayanti/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.