Trik Menikmati Wisata Kapal Pesiar dengan Bujet Irit

Oleh Putu Elmira pada 20 Agu 2019, 06:01 WIB
Royal Caribbean

Liputan6.com, Jakarta - Ada begitu banyak ragam pilihan wisata, satu di antaranya adalah wisata kapal pesiar. Kerap mendapat kesan wisata 'mahal', ternyata ada cara untuk menyiasati liburan di kapal pesiar dengan bujet hemat. Seperti apa?

"Kita menikmati kapal pesiar dengan harga termurah intinya sama seperti airlines juga booking jauh-jauh hari. Kapal pesiar memiliki jadwal bahkan sembilan bulan sebelum itu, kita banyak promo," kata kata Andi Sasmita Indana, Marketing Manager Royal Caribbean International - Indonesia di Hotel Indonesia Kempinski‚Äé, Jakarta, baru-baru ini.

Promo-promo pun banyak disebarkan cruise line brand dalam periode tertentu, tidak terkecuali Royal Caribbean. Merayakan 50 tahun hari jadi, kapal pesiar ini memberikan penawaran tak kalah menarik.

"Agustus promo ada sampai April tahun depan. Perayaan 50 tahun Royal Caribbean saat ini, kita ada promo. Orang pertama dan kedua didiskon 50 persen atau bahkan kids free," tambahnya.

Andi juga menyampaikan, penawaran di atas secara tidak langsung membuat biaya wisata kapal pesiar lebih murah. Selain itu, trik lain adalah dengan melihat ragam promo yang dihadirkan travel agent.

"Biasanya tamu-tamu mencari lewat website atau telepon ke kantor atau lewat travel profesional karena untuk sekarang ini di masing-masing travel partners sudah punya cruise division sendiri, sudah benar-benar mengetahui produk cruise tersebut," jelas Andi.

2 of 3

Harga hingga Proses Refund

Royal Caribbean
Kapal pesiar Voyager of the Seas, Royal Caribbean. (dok. Royal Caribbean)

Menikmati wisata kapal pesiar tak dipungkiri kerap dibayangi dengan anggapan harus merogoh kocek lebih dalam. Soal itu, Andi pun memberikan harga termurah yang bisa didapatkan.

"Kalau di Royal Caribbean yang termurah sekitar Rp3,7 juta sampai Rp3,8 juta ++ untuk perjalanan empat hari tiga malam," kata Andi.

Untuk biaya tersebut, tempat menginapnya sendiri mulai dari deck dua hingga deck enam. Tamu juga sudah dapat menikmati seluruh fasilitas dalam kapal.

Sementara, seperti penerbangan, kapal pesiar juga menyediakan proses refund. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh customer. Lantas, bagaimana mekanismenya?

"Proses refund ada tapi biasanya jauh hari misalkan dua bulan sebelum ada small fee untuk refund semakin mendekati tanggal sailing, tentunya persentase untuk fee semakin besar," tutur Andi.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓