Sukses

5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Ada sejumlah manfaat minum air putih di pagi hari, salah satunya bisa menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali hari dengan kebiasaan sehat bisa dimulai dengan cara sederhana. Cukup dengan minum air putih. Minum air putih saat perut kosong di pagi hari ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Saat perut masih dalam keadaan kosong di pagi hari, kita memang perlu berhati-hati agar tak sembarang mengonsumsi makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh.

Kita sangat disarankan untuk minum air putih saja di pagi hari sebelum makan atau meneguk minuman lainnya. Dilansir dari speakingtree.in, ada lima manfaat yang bisa kita dapatkan dengan kebiasaan sehat yang sederhana ini.

Membersihkan Usus

Kalau kita minum air putih saat perut kosong, itu bisa membantu membersihkan usus. Hal itu bisa membuat sistem pencernaan akan lebih siap dan lebih mudah menyerap nutrisi yang akan masuk dari makanan yang akan kita konsumsi pada hari tersebut.

Memaksimalkan Produksi Sel Baru

Minum air putih bisa meningkatkan produksi sel-sel darah dan otot yang baru Hal itu bisa meningkat dengan kebiasaan minum air putih dalam keadaan perut kosong di pagi hari. Hal ini jelas akan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membantu Turunkan Berat Badan

Kalau Anda sedang berusaha menurunkan berat badan atau menjaga berat badan, air putih sangat berperan penting.

Jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan, coba minum 500 ml air putih pada pagi hari. Minum 500 ml air putih saat perut kosong bisa meningkatkan kinerja metabolisme sebanyak 24 persen pada pagi hari.

Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Air putih bisa membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam darah. Hal ini pun bisa berdampak langsung pada kulit Anda. Kulit jadi tampak lebih cerah dan bersinar.

Mencegah Infeksi

Minum air putih di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limfa tubuh kita. Kelenjar getah bening bisa berfungsi lebih optimal dengan menyeimbangkan cairan dalam tubuh sampai mencegah terjadinya infeksi.

Kebiasaan minum air putih di pagi hari tentunya sangat mudah dilakukan secara rutin setiap hari. Anda bisa mengoptimalkan manfaatnya dengan menjaga pola makan. Selain itu dengan olahraga teratur untuk membuat kesehatan dan kebugaran tubuh senantiasa terjaga dengan baik.  (Endah Wijayanti/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.