Sukses

6 Gaya Busana Pesohor Semarakkan HUT ke-74 RI, dari Annisa Pohan sampai Gisella Anastasia

Pada momen HUT ke-74 RI, beberapa artis ibu kota turut merayakan dengan mengenakan pakaian adat. Beberapa di antaranya bahkan diundang ke Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia masih terus dirasakan. Orang berlomba meunjukkan kecintaan mereka pada tanah air lewat berbagai macam cara, termasuk memakai busana adat.

Hal serupa juga dilakukan para figur publik guna merayakan momen 17 Agustus. Ada yang mengenakannya langsung saat mengikuti upacara bendera di Istana Negara, ada pula yang merayakannya lewat mengunggah momen di media sosial.

Annisa Pohan

Istri dari Agus Yudhoyono ini terlihat datang bersama suaminya ke Istana Negara saat upacara HUT ke-74 RI, Sabtu pagi (17/8/2019). Annisa terlihat cantik mengenakan kebaya hijau muda, lengkap dengan kain songket berwarna selaras dengan pakaian suaminya. Keduanya mengusung nuansa adat Sumatera Barat pada upacara kali ini.

Penampilan ibu anak satu ini semakin sempurna di peringatan HUT ke-74 RI dengan sanggulan rambut yang dilengkapi aksesoris berwarna perak. Annisa juga menambahkan anting berwarna senada dengan pakaiannya, serta kalung berwarna perak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Daniel Mananta

Daniel Mananta didapuk jadi pembawa acara kirab Bendera Pusaka di Istana Negara. Pada kesempatan kali ini, VJ Daniel, begitu kerap ia disapa, mengenakan pakaian adat Koto Gadang, Bukittinggi.

Daniel mengenakan pakaian berwarna merah marun dengan motif emas di sekelilingnya dan ikatan kain songket berwarna oranye pada bagian pinggang. Tak lupa, penutup kepala berwarna hitam dengan aksesori emas khas suku Mandailing sebagai pelengkap.

3 dari 6 halaman

Chacha Frederica

Chacha Frederica ikut hadir sebagai tamu undangan dalam upacara kemerdekaan ini. Chacha terlihat mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar yang biasa disebut Bodo.

Warna hijau tosca dipilih oleh Chacha untuk menghadiri perayaan HUT ke-74 RI. Ia juga menambahkan hiasan kepala, kalung, dan dompet berwarna emas untuk menunjang penampilannya.

Dilansir dari Indonesia Kaya, pakaian adat Bodo pada awalnya ditujukan untuk acara adat, seperti pernikahan. Namun, saat ini penggunaannya mulai berkembang seperti untuk acara penyambutan tamu kehormatan.

4 dari 6 halaman

Ernest Prakasa

Meski tidak hadir langsung ke Istana Negara, figur publik lain tak kalah asyik merayakan HUT RI. Salah satunya adalah Ernest Prakasa yang mengunggah foto dirinya dan sang istri, Meira Anastasia, di Instagram memakai pakaian adat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lebih jelasnya, pakaian yang digunakan adalah Tenun Sikka asal Maumere. Kain sikka ini biasa digunakan dalam acara-acara resmi di NTT seperti penyambutan dan pernikahan.

"Nusantara. Pesona tak bertepi dari barat hingga ke ujung timurnya, tanah di mana kami lahir dan berkarya. Selamat Ulang Tahun ke-74, Indonesia!" tulis Ernest pada keterangan foto.

5 dari 6 halaman

Gisella Anastasia

Tak hanya Ernest, penyanyi Gisella Anastasia atau biasa yang disebut Gisel juga menyemarakkan HUT RI. Di Instagram-nya, Gisel  mengunggah hasil photoshoot dengan fotografer ternama Rio Wibowo mengenakan pakaian adat Bali.

Kebaya berwarna peach dengan hiasan kepala berwarna emas membuatnya terlihat semakin anggun. Tak hanya Gisel, anaknya, Gempita Marten, juga mengenakan balutan busana dengan motif batik Bali.

6 dari 6 halaman

Arbani Yasiz

Tak ketinggalan, artis pendatang baru Arbani Yasiz juga mengunggah foto dirinya mengenakan pakaian adat laki-laki dari Jawa Tengah. Pakaian yang dikenakan ini bernama Surjan.

Sama seperti Gisel, Arbani mengunggah foto hasil kolaborasi bersama fotografer Rio Wibowo. Pada Instagramnya, aktor dari film Rompis The Movie ini menuliskan caption "MERDEKA!!!". (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.