Tampilan 2 Cucu Jokowi Pakai Baju Adat di Peringatan HUT ke-74 RI

Oleh Asnida Riani pada 17 Agu 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 17 Agu 2019, 13:30 WIB
Jokowi Bersama Cucu-cucunya saat Peringatan HUT ke-74 RI
Perbesar
Jokowi menggendong Sedah Mirah dan menggandeng Jan Ethes. (dok. Instagram @jokowi/https://www.instagram.com/p/B1QEYcxBgZT/)

Liputan6.com, Jakarta - Semangat perayaan HUT ke-74 RI sangat mungkin direfleksikan dengan banyak cara. Salah satunya dengan memakai pakaian adat seperti yang dilakukan dua cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sedah Mirah dan Jan Ethes.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram Jokowi, Sabtu (17/8/2019), Jokowi berbusana adat Bali menggendong Sedah yang tampak menggemaskan dalam balutan kebaya putih berpadu kain dominasi warna cokelat muda dan emas.

Sementara Ethes, senada dengan sang kakek, memakai pakaian adat Bali berwarna kuning cerah dengan kain songket sebagai pelengkap bawahan dan penutup kepala berupa udeng, tampilan tak kalah menggemaskan.

"Berbagi semangat kemerdekaan dengan anak cucu, saya mengajak serta Jan Ethes dan Sedah Mirah ke pelataran istana menyaksikan upacara 17 Agustus," tulis keterangan foto di unggahan yang dimaksud.

Sebelum upacara dimulai, Jokowi sudah lebih dulu terlihat berjalan di halaman Istana Negara bersama Jan Ethes yang dengan luwesnya melambaikan tangan. Tampak pula ayah Ethes sekaligus putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menemani saat itu.

2 dari 3 halaman

Hadiah untuk Kostum Terbaik

Kenakan Baju Adat Bali, Jokowi Ajak Jan Ethes di HUT ke-74 RI
Perbesar
Presiden Joko Widodo bersama putranya Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes jelang upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Jokowi bersama Gibran dan Jan Ethes mengenakan pakaian adat Bali. (Liputan6.com/Lizsa)

Tak hanya keluarga Jokowi, para tamu yang menghadiri upacara peringatan HUT ke-74 RI di Istana Negara, Jakarta, Sabtu pagi (17/8/2019), diimbau untuk mengenakan baju adat dari daerah masing-masing.

Alhasil, tampak berbagai baju tradisional bermacam rupa dan warna menghiasi penampilan para undangan yang hadir. Ada yang dengan anggunnya berkebaya, memakai penutup kepala khas dari berbagai daerah, sampai mengenakan riasan wajah untuk selaras dengan busana khas Kalimantan yang dikenakan.

Di akhir rangkaian acara, Wakil Preside Jusuf Kalla mengumumkan tiga pemenang kostum terbaik. Mereka adalah Nora Tristyana, baju daerah Lampung di urutan ke-3, juara dua ada Fahrul dengan baju daerah Kalimantan, dan juara satu adalah Khalidah, baju daerah NTT.

Masing-masing pemenang kemudian diminta maju dan menerima hadiah berupa sepeda merah putih yang diserahkan langsung oleh Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓