Sukses

6 Makanan Khas di Hari Kemerdekaan Indonesia

Apa saja makanan khas Indonesia yang identik dengan Hari Kemerdekaan?

Liputan6.com, Jakarta - Agustus menjadi bulan yang spesial buat bangsa Indonesia. Tepat di setiap 17 Agustus, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun (HUT) RI.

Ada banyak hal menarik yang dilakukan masyarakat untuk memperingati kemerdekaan mulai dari menggelar karnaval budaya, menyelenggarakan berbagai lomba khas Agustus juga menyediakan beragam kuliner khas Hari Kemerdekaan.

Ada beberapa kuliner khas yang biasanya dihidangkan khusus saat Hari Kemerdekaan. Beragam kuliner ini mengandung makna tersendiri sehingga tidak jarang menjadi menu wajib saat memperingati HUT RI. Dilansir dari Fimela, berikut enam macam kuliner yang identik dengan Hari Kemerdekaan.

Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng menjadi menu wajib Hari Kemerdekaan. Nasi yang terbuat dari nasi kuning ini biasanya disajikan dengan beragam lauk. Sedikitnya ada tujuh lauk dalam sajian nasi tumpeng, seperti perkedel, telur dadar, ayam goreng dan oreg kentang.

Klepon Merah Putih

Kuliner yang juga khas Hari Kemerdekaan ada klepon merah putih. Klepon sendiri adalah kue tradisional khas Jawa Tengah. Makan klepon saat memperingati kemerdekaan adalah hal yang mengesankan.

Kerak Telor

Kuliner khas Hari Kemerdekaan lainnya berasal dari Betawi atau Jakarta yaitu kerak telor.  Selain saat ulang tahun Jakarta, di setiap peringatan Hari Kemerdekaan, biasanya kita akan lebih mudah menemukan kerak telor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telok Pindang

Telok pindang termasuk kuliner yang mudah ditemukan di Palembang. Telok pindang adalah telur ayam yang direbus selama lima jam bersama rempah-rempah seperti serai, garam, gula merah dan asam jawa. Makan telok pindang di Hari Kemerdekaan memberi pengalaman yang cukup mengesankan dan sudah menjadi tradisi di Palembang.

Puding Merah Putih

Puding merah putih ini dibuat untuk melambangkan bendera Indonesia. Makna dari puding ini adalah semacam harapan bisa menambah kecintaan masyarakat Indonesia terhadap tanah air.

Nasi Tutug Oncom

Kuliner ini juga merupakan kuliner khas Hari Kemerdekaan. Nasi ini biasanya disajikan di dalam kendil tanah liat. Disandingkan dengan berbagai lauk seperti ayam, ikan atau bebek goreng, menu ini sangat menggugah selera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.