Sukses

5 Makanan yang Bisa Mengurangi Stres

Ada beberapa makanan yang bisa membantu menghilangkan stres. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tiap orang rasanya pernah mengalami stres, entah itu stres level ringan atau akut. Lalu, apa hubungannya dengan makanan? Ganguan mental ini bukan hanya berdampak pada kondisi psikis.

Stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual, dan penyakit kronis.  Utamanya buat mereka yang hidup di perkotaan yang tidak pernah lepas dari stres.

Pemicunya beragam, entah itu karena macet hingga urusan deadline yang kadang kala membuat stres. Banyak cara untuk meredakan stres, seperti meditasi dan olahraga.

Selain itu ternyata juga bisa lewat makanan. Dilansir dari Health Fitness, ada beberapa makanan yang bisa membantu kita lebih tenang dan bahkan bisa menghilangkan stres.

Madu

Mungkin banyak orang yang tidak tahu kalau madu dapat digunakan untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Madu kaya tryptophan tinggi yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan mengendurkan saraf yang tegang. Selain itu, madu dikenal kaya akan kalium yang meringankan rasa sakit di otak dan juga tubuh.

Susu

Kalau Anda membutuhkan efek yang menenangkan secara cepat, buatlah segelas susu hangat. Itu karena susu hangat mengandung tryptophan, senyawa yang membantu dalam produksi serotonin sebesar 43 persen. Kandungan serotonin dapat menimbulkan perasaan senang sehingga bisa membantu Anda untuk tidur lebih lelap dan mengurangi kadar stres.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oatmeal

Oatmeal yang bebas gula dapat membantu Anda untuk lebih rileks. Hal tersebut didukung dengan beberapa alasan. Salah satunya, karbohidrat kompleks ini dapat meningkatkan penyerapan triptofan, yang membantu produksi serotonin, zat kimia otak yang membantu tubuh menjadi rileks.

Selain itu oatmeal kaya vitamin B6, vitamin antistres, dan melatonin yang dikenal sebagi hormon yang dapat menenangkan dan membuat tidur jadi jauh lebih sehat.

Pisang

Buah pisang kaya akan kalium dan magnesium yang dikenal sebagai pelemas otot alami. Otot yang rileks akan mendorong tubuh ikut rileks dan lebih tenang. Sumber kalium dan magnesium seperti yang terdapat dalam buah pisang sangat baik untuk meredakan stres.

Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate dipercaya bisa membantu mengurangi tingkat stres di otak. Sebab cokelat hitam mengandung serotonin, endorfin dan dopamin, yang merupakan hormon yang besar dalam meredakan tingkat stres seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.