Sukses

Genap 20 Tahun, YCAB Sudah Menyekolahkan 3,5 Juta Anak Kurang Mampu

Pada 2020, YCAB menargetkan bisa berdampak pada lebih dari 5 juta anak-anak di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam memperingati hari jadi ke-20, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) mengadakan perayaan dengan tema ’20 Years Journey to Impact. Mereka mengadakan berbagai acara menarik tepat pada ulang tahun mereka pada 13 Agustus 2019.

Salah satunya adalah lomba memasak nasi bakar dengan total hadiah Rp8 juta yang dibagikan untuk tiga kelompok pemenang. Mereka juga mengadakan kelas inspirasi yang diisi oleh beberapa sahabat YCAB, seperti Isabella Fawzi (TV Presenter dan penulis), Marissa Haque (aktris dan penulis), Rivo Pahlevi (TV Host dan blogger) dan Nara Masista (anggota kongres PBB dan Diplomat).

Tema perayaan di tahun ini senada dengan judul buku pendiri YCAB, Veronica Colondam yaitu Journey to Impact, yang dirilis pada awal tahun ini.

Di bawah pimpinan perempuan 47 tahun itu, YCAB telah memberikan manfaat kepada lebih dari 3,5 juta anak kurang mampu di berbagai penjuru Indonesia melalui akses pendidikan, ekonomi termasuk kewirausahaan, serta memberikan akses keuangan kepada 150 ribu lebih keluarga berpenghasilan rendah.

"Pada 2020 kami menargetkan bisa berdampak pada lebih dari 5 juta anak-anak dengan terus menciptakan perubahan yang lebih besar," ucap Veronica saat perayaan 20 tahun YCAB di kawasan Duri Kepa, Jakarta Barat, Selasa (13/8/2019).

"Kami juga berharap makin banyak orang yang terinspirasi dengan yang kita lakukan selama ini. Tak perlu membuat yayasan atau organisasi untuk menyekolahkan mereka yang kurang mampu, tapi bisa dimulai dari orang-orang yang ada atau bekerja dengan kita. Misalnya staf kita atau anak-anak mereka, kita pastikan mereka tidak putus sekolah," sambungnya.

Selain itu ada satu program lagi yang akan dimulai di tahun ini dalam membantu pendidikan anak tak mampu. Setelah sejak 2003 mendirikan rumah belajar dan sekolah informal tingkat SD hingga SMA, maka mulai tahun ini YCAB berencana memberikan beasiswa untuk jenjang perguruan tinggi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beasiswa Perguruan Tinggi

Menurut Veronica, pihaknya sedang menyeleksi 70 mahasiswa dari anak-anak para ibu yang mengikuti program ultra mikro atau peminjaman modal usaha di YCAB.

Nantinya, akan dipilih sebanyak 20 mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa. Selain fokus pada pendidikan, sejak 2010 lalu YCAB mendirikan program peminjaman modal usaha bagi ibu-ibu untuk mengembangkan usahanya.

YCAB sendiri memiliki tiga program utama yaitu Healthy Lifestyle Promotion (HeLP), House of Learning and Development (HoLD) atau disebut Rumah Belajar, dan Hands-on Operation for Entrepreneurship (HOpE).

Dalam perayaan ulang tahun ke-20, ikut hadir salah seorang relawan setia YCAB yaitu Muhammad Farhan yang juga seorang presenter. Dalam kesempatan itu, Farhan berpamitan setelah 20 tahun menjadi salah seorang relawan karena akan segera dilantik menjadi anggota DPR.

Marissa dan Farhan sepakat kalau apa yang dilakukan Veronica bersama YCAB patut diapresiasi dan diharapkan bisa mengispirasi banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.