Sukses

Tampilan Baru Agnez Mo dan Kisah Anyam Rambut Khas Papua

Agnez Mo menampilkan gaya rambut terbaru dengan kepangan rasta. Tetapi, ia menyebut hal itu terinspirasi dari tradisi warga Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Agnez Mo pada akhir Juli lalu mengunggah potret tampilan baru rambut bergaya cornrow atau kepang. Ia bahkan tampak berpose bersama orang-orang Papua yang mengenakan busana dan riasan khas Tanah Cendrawasih.

Masih terkait budaya Nusantara, Agnez Mo membagikan kisah di balik anyam rambut khas Papua lewat akun Instagram pribadi. Cerita itu disampaikan lewat keterangan potret bernuansa hitam putih di mana masyarakat Papua tengah menganyam rambut.

"Fakta menarik: wanita cantik ini adalah orang Indonesia. Ini terjadi di Festival Danau Sentani, Sentani Timur, Jayapura, Papua, Indonesia. Mengepang rambut di Papua adalah tradisi yang dimulai dari menenun dengan tangan tas noken," tulis pelantun Overdose ini pada unggahan Minggu, 11 Agustus 2019.

Agnez Mo melanjutkan, orang Papua benar-benar menyebut mengepang rambut sebagai "hair-weaving" atau "Anyam Rambut" dalam Bahasa Indonesia.

"Wanita Papua umumnya mengepang rambut mereka untuk alasan praktis seperti untuk kemudahan bekerja. Sekarang ada banyak cara mengepang rambut dan karena berbagai alasan," tambahnya.

Saking populernya, menganyam rambut juga dilombakan di Papua. Agnez Mo pun tak dapat menutupi kekagumannya atas keanekaragaman budaya Nusantara yang begitu kaya.

"Bukankah menakjubkan betapa beraneka ragamnya kita sebagai manusia? Inilah yang diajarkan budaya saya kepada saya. Bersatu dalam perbedaan," lanjut Agnez Mo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepang ala Agnez Mo

Sebagai penampil berkelas internasional, gaya dan outfit Agnez Mo tak jarang berubah setiap saat dan selalu sukses mencuri perhatian banyak pasang mata. Sebelum dikepang, ia tampil kece dengan rambut bergaya messy bob.

Transformasi rambutnya yang drastis ketika memilih untuk bergaya cornrow, gaya tradisional Afrika dalam hal mengepang rambut. Kepangan ini sangat dekat dengan kulit kepala yang dibuat sangat rapat dan rapi.

Rambut cornrow ala Agnez Mo juga 'disulap' menjadi kepangan panjang. Pada beberapa potret gaya rambut ini dibuat kepang merata, di sisi lain ada pula yang dibuat lebih condong pada satu sisi.

Seperti potret bersama orang-orang yang tampil dalam balutan busana dan riasan khas Papua. "Kita semua orang Indonesia mengenakan pakaian tradisional Indonesia khususnya dari Papua," tulis penyanyi yang kini berkarier di Amerika Serikat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.